advertorial

INFO MUDIK 2016 Objek Wisata Kabupaten Semarang Siapkan Kantong Parkir Ekstra

Ilustrasi arus mudik (JIBI/Bisnis/Dok.)Ilustrasi arus mudik (JIBI/Bisnis/Dok.)

Info mudik 2016 terkait potemsi kemacetan di seputaran objek wisata Kabupaten Semarang.

Semarangpos.com, UNGARAN – Sejumlah pengelola objek daya tarik wisata di Kabupaten Semarang mengaku siap menyediakan kantong parkir ekstra saat libur Lebaran. Kantong parkir ekstra ini disediakan guna menghadapi lonjakan pengunjung dan mengantisipasi kemacetan saat musim mudik Lebaran 2016.

Sebelumnya, pihak Polres Semarang melalui Kapolres Semarang, AKBP V. Thirdy Hardmiarso meminta para pengelola objek daya tarik wisata di Kabupaten Semarang untuk menyediakan kantong parkir ekstra saat musim mudik 2016. Kondisi ini tak lain karena melonjaknya kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2016 membuat banyaknya kendaraan yang diparkir di bahu-bahu jalan dan membuat kemacetan.

Instruksi Kapolres ini sepertinya dipahami oleh para pengelola objek daya tarik wisata Kabupaten Semarang. Mereka pun menyatakan siap menghadapi lonjakan kunjungan wisatawan itu dengan menyediakan lahan parkir tambahan pada musim mudik Lebaran 2016.

Di tempat wisata apung Kampoeng Rawa, Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa, contohnya. Di obyek wisata ini pihak pengelola mengaku telah menyiapkan kantong parkir tambahan yang terletak di belakang gedung Centra Craft. “Area parkir itu bisa menampung bus sedikitnya 20 unit,” ujar Manajer Marketing Kampoeng Rawa, Riana Dewi, kepada wartawan Rabu (22/6/2016).

Dewi menilai area parkir tambahan ini bisa menambah daya muat parkir kendaraan bermotor secara keseluruhan. Sekaligus sebagai antisipasi kemacetan di ruas jalan lingkar Ambarawa (JLA) yang merupakan jalur utama arah Semarang-Jogja. “Area parkir yang sudah ada bisa menampung sekitar 150 mobil, belum termasuk motor roda dua. Dengan adanya penambahan di belakang Centra Craft, kami berharap kendaraan pengunjung tidak akan meluber hingga ke jalan,” imbuh Dewi.

Dewi mengaku di momen libur Lebaran, kunjungan wisatawan di tempatnya bisa naik secara signifikan dari pada hari libur biasa atau weekend. Pengalaman tahun sebelumnya, kunjungan wisata saat libur Lebaran bisa mencapai 2.000-3.000 wisatawan per hari. “Kalau libur biasa paling kunjungannya berkisar 50-100 wisatawan per hari,” terang Dewi.

Hal senada juga disampaikan pengelola objek daya tarik wisata Cimory. Tempat wisata kuliner susu dan area bermain anak di tepian Jl. Soekarno Hatta Km 30, Bergas itu juga telah disiapkan kantong parkir ekstra selama libur Lebaran 2016. “Kami sudah berkoordinasi dengan Dishubkominfo Kabupaten Semarang. Dari hasil koordinasi itu, Dishubkominfo menyatakan kesediannya menjadikan lahan parkir kantornya sebagai area parkir pengunjung Cimory saat libur Lebaran nanti,” ujar Humas Cimory, Arif Prabowo.

Hal senada disampaikan pengelola wisata Cimory. Tempat wisata kuliner susu dan area bermain anak di pinggir Jalan Soekarno Hatta KM 30, Kecamatan Bergas ini juga telah menyiapkan kantong parkir tambahan selama masa libur Lebaran. “Kami sudah berkoordinasi dengan Dishubkominfo Kabupaten Semarang. Dari hasil koordinasi itu, Dishubkominfo menyatakan kesediaannya untuk menjadikan lahan di kantornya sebagai kantong parkir pengunjung Cimory,” kata Humas Cimory, Arif Prabowo.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Iklan Baris

    No items.