advertorial

PILKADA KULONPROGO Materi Kampanye dari Calon, Pemasangan Tetap Atas Nama KPU

Pasangan Zuhadmono Azhari dan BRAy Iriani Pramastuti serta Hasto Wardoyo dan Sutedjo menunjukkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 di aula kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo, Selasa (25/10/2016). (Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja)Pasangan Zuhadmono Azhari dan BRAy Iriani Pramastuti serta Hasto Wardoyo dan Sutedjo menunjukkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 di aula kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo, Selasa (25/10/2016). (Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja)

Pilkada Kulonprogo masuk tahap kampanye

Semarangpos.com, KULONPROGO-Masa kampanye melalui media massa Pilkada 2017 dimulai pada akhir Januari ini. Tim pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati diberikan waktu untuk menyiapkan materi kampanye hingga 18 Januari mendatang.

Hal itu diungkapkan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Kulonprogo, Tri Mulatsih, Senin (9/1/2017).

Dia mengatakan, tim paslon memang sudah diminta menyiapkan materi kampanye media massa sejak November lalu. Hal itu diharapkan dapat mengantisipasi adanya keterlambatan penyerahan materi kampanye sehingga mengganggu tahapan yang telah ditentukan.

Pengumpulan materi kampanye melalui media massa kemudian ditargetkan paling lambat pada Rabu (18/1/2017) pekan depan. KPU Kulonprogo selanjutnya mesti memeriksa materi yang diserahkan tim paslon agar sesuai dengan ketentuan berlaku.

“Kami harus melihat apakah sudah sesuai dengan aturan yang ada, seperti durasi dan isi materinya,” kata Tri.

Kampanye melalui media massa dijadwalkan berlangsung pada 29 Januari hingga 11 Februari 2017. Meski materi disiapkan oleh masing-masing tim paslon, pemasangannya tetap atas nama KPU Kulonprogo. Tri menegaskan pihak paslon dilarang memasang iklan kampanye di media massa, baik cetak maupun eletronik.

Tri lalu mengatakan, KPU Kulonprogo akan memasang iklan berisi sosialisasi terkait kedua paslon dalam Pilkada 2017 di semua media cetak yang beredar di wilayah Kulonprogo. Iklan tersebut dibatasi maksimal satu halaman penuh di setiap edisi.

Iklan berisi materi kampanye juga bakal ditayangkan di radio dan televisi. Iklan di radio hanya diperbolehkan berdurasi maksimal 60 detik, sedangkan televisi paling lama 30 detik.

“Teknis penayangan akan kami bahas bersama tim paslon, termasuk soal ukuran dan frekuensi penayangan iklan,” ujar dia.

Sementara itu, kedua tim paslon telah mempersiapkan materi kampanye untuk media massa. Tim pemenangan Zuhadmono Azhari dan BRAy Iriani Pramastuti, Yusron Martofa menyatakan materi kampanye masih dalam proses pembuatan.

Mereka sebelumnya juga sudah berkonsultasi dengan KPU Kulonprogo terkait hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan. “Ini baru disiapkan,” ungkap Yusron.

Pernyataan berbeda disampaikan tim pemenangan Hasto Wardoyo dan Sutedjo, Istana. Seluruh materi untuk keperluan kampanye media massa disebut sudah selesai dibuat sejak beberapa hari lalu. Mereka siap mengumpulkan ke KPU Kulonprogo sesuai target yang ditetapkan. “Sudah siap 100 persen, termasuk video untuk tayang di televisi,” ucap Istana.

Iklan Baris

    No items.