advertorial

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini 11 Januari

Siti Nurhaliza (Facebook)Siti Nurhaliza (Facebook)

Inilah catatan peristiwa dunia 11 Januari.

Semarangpos.com, SOLO – Tanggal 11 Januari terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia. Berikut beberapa peristiwa pada 11 Januari yang dihimpun Solopos.com dari laman Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia:

1569
Permainan lotre kali pertama diperkenalkan di Inggris. Lotre merupakan salah satu bentuk judi yang dinyatakan ilegal di sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat dan sebagian besar negara Eropa. Namun, setelah Perang Dunia II berakhir, beberapa negara mulai melegalkan lotre.

1928
Bing Crosby, penyanyi dan aktor berkebangsaan Amerika Serikat merekan hits pertamanya, Ol ‘Man River dengan Paul Whiteman Orchestra.

1935
Melia Earhart, pejuang wanita asal Amerika Serikat melakukan perjalanan penerbangan pertamanya seorang diri dari Hawai ke California. Keberaniannya itu membuatnya menjadi wanita pertama yang menerima penghargaan Distinguished Flying Cross.

Penghargaan ini biasanya diberikan kepada anggota militer Amerika Serikat atas pencapaian luar biasa dalam pertempuran udara setelah 11 November 1918.

1943
Pemerintah Amerika Serikat dan Inggris menandatangani perjanjian menyerahkan hak kekuasaan pada pemerintah Tiongkok. Hal itu dilakukan agar masyarakat Tiongkok mau mengobati tentara Amerika Serikat yang terluka akibat Perang Dunia II.

1946
Enver Hoxha mendeklarasikan dirinya sebagai pemimpin Republik Rakyat Albania. Ia merupakan sosok pemimpin diktator pertama Albania setelah berakhirnya Perang Dunia II. Selama Perang Dunia II berlangsung, Albania pernah dijajah oleh bangsa Italia dan Jerman.

Setelah perang usai, seorang pemimpin partai komunis, Enver Hoxha memimpin pasukan untuk mengusir penjajah dari negerinya itu. Ia kemudian menjadi pemimpin Albania selama 40 tahun.

1962
Huascaran, sebuah gunung berapi yang berada di wilayah Peru meletus. Letusan gunung tertinggi di Peru itu membuat 4.000 nyawa melayang.

1972
Pakistan Timur, sebuah provinsi di negara Pakistan yang dulunya bernama Benggala Timur secara tegas memisahkan diri dari Pakistan. Warga di kawasan tersebut memisahkan diri lantaran merasa diabaikan oleh pemerintah Pakistan.

1979
Penyanyi cantik asal Negeri Jiran, Siti Nurhaliza lahir di Kampung Awah, Temerloh, Pahang, Malaysia. Ia tercatat sebagai salah satu penyanyi terbaik di Asia lantaran telah memperoleh berbagai penghargaan bergengsi dunia tarik suara di kancah internasional, seperti Voice of Asia, Kompetisi Penyanyi Baru Asia, hingga MTV Asia Awards. Kesuksesan di bidang tarik suara itu membuatnya dijuluki sebagai Celine Dion dari Asia.

2007
Warga yang menjadi korban bencana badai katrina mengajukan tuntutan kepada pengadilan Missisipi, Amerika Serikat agar pihak asuransi melakukan pembayaran kepada mereka. Hal itu terjadi lantaran sebelumnya pihak asuransi secara tegas menolak untuk membayar. Pasalnya, mereka beranggapan klaim yang terjadi akibat bencana alam tidak menjadi tanggung jawab mereka.

2012
Pemerintah Belanda melarang penggunaan tanaman khat sebagai obat. Sebab, tanaman ini merupakan salah satu jenis narkotika yang sering dikonsumsi masyarakat Somalia. Larangan itu muncul lantaran pemerintah merasa khawatir warganya akan terjangkit piskosis atasu skizofrenia. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Iklan Baris

    No items.