advertorial

PENEMUAN BARU Arkeolog Temukan 12 Makam Kuno di Mesir

Salah satu makam yang ditemukan di Aswan (Reuters)Salah satu makam yang ditemukan di Aswan (Reuters)

Penemuan baru oleh peneliti Swedia mengungkap 12 makam Mesir kuno.

Semarangpos.com, ASWAN – Arkeolog Swedia menemukan 12 makam kuno dekat Kota Aswan, Mesir. Makam tersebut diperkirakan berusia 3.500 tahun di zaman Kerajaan Baru Mesir Kuno.

Kementerian Kepurbakalaan Mesir seperti dikutip Antara dari Reuters, Rabu (11/1/2017), mengatakan tulang belulang manusia dan binatang ditemukan di 12 permakaman kuno yang ditemukan di Gabal al-Silsila atau Rantai Pegunungan seluas 65 km di utara Aswan dan kemungkinan berasal dari masa Firaun (raja Mesir kuno) Thutmose III dan Amenhotep II.

Permakaman kuno ini diharapkan membantu sejarawan memahami dengan lebih baik pola kesehatan Mesir kuno dan mendorong tumbuhnya pariwisata Mesir yang diguncang krisis politik dan serangan militan sejak digulingkannya Hosni Mubarak pada 2011.

Beberapa dari pemakaman itu diperuntukan bagi binatang dan terdiri dari satu dua lubang berisi peti mati terbuat dari batu, tanah liat atau kain khas Mesir kuno, kata Mahmoud Afify, Kepala Kepurbakalaan Mesir Kuno. Lambang suci dan lambang kalajengking juga ditemukan di sini.

Ekspedisi oleh Universitas Lund, Swedia, itu dimulai sejak 2012. Dan pada 2015 menemukan sisa kuil kuno di Gabal al-Silsila.

Ekskavasi perdana telah menyingkapkan jenazah utuh selain bukti adanya malnutrisi dan tulang patah akibat kerja paksa, kata kepala ekspedisi ini, Maria Nelson.

Peneliti masih harus berusaha ekstra mengungkapkan peringkat sosial mereka yang dikuburkan di 12 pemakaman itu dan apa sebenarnya fungsi dari ke-12 makam itu.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/semarang/elements/themes/madiun/widget-cespleng-600.php on line 32