Asyik! Objek Wisata Karimunjawa Dibuka

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara memutuskan untuk membuka kembali objek wisata Karimunjawa di tengah masa PPKM mulai 1 September 2021.

Asyik! Objek Wisata Karimunjawa Dibuka Sejumlah wisatawan memasuk ke kawasan wisata Karimunjawa. (Murianews-Dok.)

Semarangpos.com, JEPARA — Destinasi wisata andalan Kabupaten Jepara, Karimunjawa, resmi dibuka per 1 September 2020 atau Rabu nanti.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Jepara, Nur Zuhruf, mengaku dibukanya Karimunjawa tak terlepas dari tren penurunan kasus Covid-19.

“Sekarang Jepara kan masuk level 2. Jadi, semua objek wisata diizinkan buka, termasuk Karimunjawa,” ujar Nur saat dihubungi Semarangpos.com, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Hari Pertama Buka, Museum Lawang Sewu Tolak 95 Pengunjung

Nur mengatakan untuk objek wisata lain di Jepara sebenarnya sudah dibuka, atau menerima kunjungan wisatawan sejak akhir pekan lalu.

Meski demikian, untuk Karimunjawa baru dibuka per tanggal 1 September.

“Kalau Karimunjawa sebenarnya untuk kapal wisata sudah dibuka sejak akhir pekan lalu. Tapi, belum ada wisatawan. Resminya, baru dibuka besok [Rabu],” tutur Nur.

Nur menambahkan untuk kunjungan wisatawan di Karimunjawa pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Wisatawan yang berkunjung akan menjalani sejak di Pelabuhan Jepara, baik pemeriksaan suhu tubuh, surat keterangan bebas Covid-19, hingga sertifikat vaksin.

“Skrining di Karimunjawa itu lebih terkontrol karena satu pintu. Skrining dilakukan sejak wisatawan tiba di Pelabuhan Jepara, atau saat naik kapal. Jadi kalau enggak mau pemeriksaan, enggak bisa masuk,” tegasnya.

Baca juga: Nol Kasus Covid-19, Wisata Karimunjawa Resmi Dibuka

Nur berharap kunjungan wisatawan di Jepara kembali bergeliat seiring dibukanya kembali Karimunjawa. Hal itu tentu juga akan berimbas terhadap pemulihan ekonomi masyarakat.

“Semoga kondisi kasus Covid-19 terus melandai. Jadi kita bisa menerima kunjungan wisatawan lebih banyak. Kalau sekarang kan masih dibatasi 25% dari total kapasitas,” jelasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.