Gubernur Jateng Pamerkan Tempat Ngopi di Bekas Kantor Raja Gula

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memamerkan tempat ngopi di bekas Kantor Raja Gula yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Lama, Semarang.

Gubernur Jateng Pamerkan Tempat Ngopi di Bekas Kantor Raja Gula Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memamerkan kedai kopi Hero Coffee yang memanfaatkan gedung bekas Kantor Raja Gula. (Youtube—Ganjar Pranowo)

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memamerkan tempat ngopi yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Lama, Semarang. Bangunan yang cocok untuk kawula muda ini dulunya adalah Kantor Raja Gula.

Orang nomor satu di Jateng itu mampir ke kedai kopi dengan nama Hero Coffee saat bersepeda pagi bersama sang istri, Siti Atiqoh. Tak lupa, ia mengabadikan momen tersebut dalam sebuah vlog berjudul Eks Kantor Raja Gula Disulap Jadi Tempat Ngopi.

Ganjar juga menceritakan sedikit tentang bangunan tersebut. “Di Semarang masa lalu, ada seorang saudagar yang sangat kaya raya. Namanya Oei Tiong Ham. Dia menguasai perdagangan gula di Asia Tenggara, sampai-sampai dikenal sebagai Raja Gula,” ungkapnya.

Ikut Penelusuran, Kru Sara Wijayanto Ngaku Diganggu Makhluk Halus

“Oei Tiong Ham punya beberapa kantor dagang, salah satunya di Kota Lama. Selama puluhan tahun kantor ini kosong dan tidak terurus, baru-baru ini dimanfaatkan sebagai kafe,” tambahnya dalam kolom deskripsi.

Kedai Hero Coffee sama sekali tidak mengubah bentuk asli Kantor Raja Gula tersebut. Pihaknya hanya merenovasi di beberapa bagian dari gedung yang berlokasi di Jl. Kepodang No. 33 Semarang itu.

Vape Kantor Tengkulak

Dulu, di kantor itulah para tengkulak kopi, gula, dan hasil bumi lainnya melakukan transaksi. Saat ini, pengunjung masih bisa merasakan suasana seperti Kantor Raja Gula masih beroperasi. Apalagi sambil ditemani dengan secangkir kopi.

Untuk jam operasional, Hero Coffee buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB. “Ini saya jam sembilan ke sini dan lihat kursinya sudah diatur,” ungkap Ganjar Pranowo seperti yang terpantau Semarangpos.com, Senin (22/6/2020).

Perang Lawan Sutawijaya Jadi Kegiatan Terakhir Jaka Tingkir Sebelum Wafat  

Ia juga mengajak para penonton vlog-nya untuk berkeliling di kedai tersebut. “Ada salah satu sudut menarik dengan tulisan don’t forget to smile. Jadi harus tersenyum dan enggak boleh cemberut atau mecucu ya,” pesannya sambil tertawa.

Tak bisa diam, Gubernur Jateng  langsung berkeliling kembali di kedai tempatnya ngopi tersebut. Ia menuju tempat pengolahan biji kopi. “Ini adalah tempat roasting kopi, dan saya mau mengecek kopinya apa saja di sini,” ungkapnya sambil melihat judul kopi di sana.

“Ruangannya kecil tapi unik, jadi mungkin kamu bisa melihat cara membuatnya ya. Sambil duduk, terus nyruput kopinya pasti asyik. Sayang kalau Minggu, roaster kopinya enggak bisa datang,” ungkapnya di akhir video.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.