Ini Lokasi Patung Bung Karno di Semarang 

Ada empat tempat atau lokasi di Kota Semarang yang menampilkan patung Soekarno atau Bung Karno.

Ini Lokasi Patung Bung Karno di Semarang  Patung Soekarno atau Bung Karno di polder Stasiun Tawang, Kota Semarang, yang diresmikan Rabu (29/9/2021). (Semarangpos.com-Humas PT KAI Daops IV Semarang)

Semarangpos.com, SEMARANG — Patung Presiden Pertama RI Sukarno dikenal juga dengan sapaan Bung Karno, di Kota Semarang ternyata ada di sejumlah lokasi. Di mana saja lokasi patung Bung Karno tersebut?

Yang paling terbaru, berdiri di area polder Stasiun Tawang, Kota Semarang. Patung tersebut bahkan baru saja diresmikan, Rabu (29/9/2021).

Banyaknya patung Sukarno yang tersebar di berbagai lokasi juga sempat dikomentari Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo. Gatot dalam acara yang disiarkan akun Youtube Karni Ilyas mengaku heran patung Bung Karno ada di mana-mana. Sedangkan patung Soeharto yang merupakan Presiden kedua RI justru dihilangkan.

Baca juga: Menelusuri Jejak DN Aidit di Kota Semarang

Pernyataan Gatot Nurmantyo itu menanggapi peristiwa hilangnya patung Soeharto dan pahlawan revolusi di Markas Kostrad. Hal itu pun membuat Gatot menuding TNI telah disusupi paham komunis atau PKI.

“Di mana-mana patung Bung Karno ada, bahkan nama Soekarno-Hatta jalan ada, Pak Harto mantan presiden ada jasanya juga, mana sih ada patung? Hanya patung kecil seperti itu pun musnah. Ini kan suatu hal yang sangat ironis,” ujar Gatot.

Sementara itu di Kota Semarang, patung Sukarno yang baru saja diresmikan di area polder Stasiun Tawang bukanlah satu-satunya. Tercatat ada empat lokasi di Semarang yang menampilkan patung presiden pertama RI. Yakni di Taman S. Parman, Jalan arteri Soekarno-Hatta, dan di Taman Flyover Kalibanteng.

Baca juga: 500 Santri di Manbaul A’la Purwodadi Ikut Vaksinasi

Pendirian Patung Bung Karno

Empat patung Sukarno di Semarang ini didirikan pada tahun yang berbeda-beda. Patung Sukarno di Taman S. Parman didirikan tahun 2012. Lalu, di Jalan Soekarno-Hatta berdiri sejak tahun 2015, dan di Taman Flyover Kalibanteng pada 2018.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, berharap adanya patung Sukarno di polder Tawang akan menambah estetika Kota Semarang, khususnya di kawasan Kota Lama. Selain itu, patung itu pun akan menjadi landmark baru yang membuat daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Semarang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar KAI yang sudah mewujudkan pembangunan patung Presiden Sukarno di Kota Semarang. Patung ini akan menjadi salah satu landmark baru Kota Semarang dan melengkapi estetika Kota Semarang,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.