Tutup Iklan

Inspiratif, Prajurit TNI Kodam Donorkan Plasma Darah untuk Pasien Covid-19

Puluhan prajurit TNI Kodam IV Diponegoro yang pernah terpapar Covid-19 mendonorkan plasma darah untuk terapi convalescent pasien Covid-19.

Inspiratif, Prajurit TNI Kodam Donorkan Plasma Darah untuk Pasien Covid-19 Seorang prajurit TNI Kodam IV Diponegoro tengah menjalani pemeriksaan atau screening untuk diambil plasma darah guna terapi convalescent pasien Covid-19 di RS Tk. III Bhakti Wira Tamtama, Kota Semarang, Jumat (29/1/2021). (Semarangpos.com-Pendam IV Diponegoro)

Semarangpos.com, SEMARANG – Puluhan prajurit TNI Kodam IV Diponegoro yang pernah terpapar Covid-19 siap mendonorkan plasma darah untuk kesembuhan atau terapi convalescent pasien Covid-19.

Sebelum mendonorkan plasma darah, mereka terlebih dulu menjalankan screening atau pemeriksaan di Rumah Sakit Tk. III Bhakti Wira Tamtama di Jl. Dr. Sutomo No. 17, Kota Semarang, Jumat (29/1/2021).

Jika dalam screening tersebut para prajurit TNI Kodam IV Diponegoro itu dinyatakan layak, mereka pun akan diambil plasma darahnya di RSUD dr. Moewardi, Kkota Solo.

Baca juga: Sudah 871 Penyintas Covid-19 di Jateng Donorkan Plasma Darah

Donor plasma darah yang dilakukan prajurit TNI Kodam IV Diponegoro itu bertujuan untuk membantu upaya penanganan pandemi Covid-19 yang kasusnya terus mengalami lonjakan. Selama ini, plasma darah dari penyintas Covid-19 dianggap ampuh untuk terapi kesembuhan atau terapi convalescent bagi pasien Covid-19.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IV Diponegoro, Kolonel Kav. Susanto, mengatakan donor plasma oleh prajurit TNI itu bertujuan untuk memenuhi ketersediaan plasma untuk terapi convalescent.

“Harapannya, plasma darah dari prajurit TNI itu segera bisa digunakan untuk terapi pasien Covid-19 yang hingga kini terus bertambah cukup signifikan,” ujar Kapendam Diponegoro dalam keterangan resmi, Jumat.
Terapi plasma convalescent disebut mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh pasien. Hal itu dikarenakan plasma atau bagian darah mengandung antibodi dari orang telah sembuh atau penyintas Covid-19.

Baca juga: Ponpes di Jateng Siap Jadi Lumbung Donor Plasma Convalescent

Metode tersebut terbukti sangat efektif dalam mengeliminasi virus sehingga infeksi Covid-19 bisa segara putus.

“Kegiatan kemanusiaan seperti ini layak diapresiasi. Bila hal tersebut diikuti dengan kesadaran sosial bersama oleh para penyintas Covid-19, tentu akan berdampak sangat positif dalam percepatan penanganan pasien Covid-19,” terang Susanto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.