Jaga Keselamatan Karyawan, Semen Gresik Gelar Kejar K3

PT Semen Gresik (PTSG) berkomitmen untuk memperkuat keunggulan operasional, salah satunya dalam mendorong budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Jaga Keselamatan Karyawan, Semen Gresik Gelar Kejar K3 Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk karyawan dilakukan PT Semen Gresik Rembang. (Istimewa-PT Semen Gresik)

Semarangpos.com, REMBANG – PT Semen Gresik (PTSG) berkomitmen untuk memperkuat keunggulan operasional, salah satunya dalam mendorong budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk karyawan di lingkungan perusahaan.

Inovasi terbaru dari PTSG pada bidang K3 tersebut adalah dilaksanakannya Program Kelompok Belajar (Kejar) K3 di Gedung Tanah Liat Pabrik Rembang. Hal ini juga sebagai upaya menyiasati tantangan transformasi industri di masa pandemi.

Menurut Kepala Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku sekaligus ketua tim proyek Kejar K3 Kuswandi, Kejar K3 adalah program saling berbagi pengetahuan (sharing knowledge). Yakni dari setiap personel PTSG yang memiliki keahlian dan sertifikasi tertentu di bidang K3 kepada karyawan. Serta mitra perusahaan sehingga ada diseminasi pengetahuan dan informasi tentang K3 di lingkup perusahaan.

Baca juga: Donor Darah Peringati Bulan K3, Semen Gresik Sumbang Ratusan Kantong Darah

Tujuan program ini, lanjutnya, adalah untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan membudayakan K3 secara konsisten berkelanjutan di lingkungan perusahaan.”Kejar K3 akan berlangsung selama setahun dan melibatkan karyawan organik dan mitra kerja. Ini bukti perusahaan concern meningkatkan performa karyawan. Sehingga terjamin keselamatan dan kesehatannya,” kata Kuswandi dalam siaran persnya, Jumat (11/2/2022).

Menurut Kuswandi, launching Kejar K3 dengan penerapan prokes diikuti oleh 30 peserta dari perwakilan karyawan beserta jajaran manajemen Eselon 1 PTSG. Kelas pertama, peserta mendapatkan Modul 1 dengan materi seputar Alat Pelindung Diri (APD). Modul 2 tentang pembelajaran Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Instruktur pada Modul ini menghadirkan tenaga ahli K3 dan dokter perusahaan.

Secara keseluruhan, ujar Kuswandi, terdapat tujuh Modul pada program Kejar K3 ini. Selain Modul 1 dan 2, ada Modul 3 tentang penguncian dan penandaan (LOTO), Modul 4 (K3 Tambang). kemudian Modul 5 (Pemadam Kebakaran), Modul 6 (High Working), dan Modul 7 (Working Permit).

Baca juga: Perkokoh Silaturahmi, Semen Gresik Nyawiji dan Berbagi dengan Sedulur Sikep Samin

Semen gresik K3
Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di PT Semen Gresik. (Istimewa-PT Semen Gresik)

Pengelolaan K3 Semen Gresik

”Program ini tentu menyesuaikan tupoksi [tugas pokok dan fungsi] setiap karyawan. Namun untuk Modul APD dan P3K menyasar untuk semua unit kerja. Jika karyawan punya sertifikat K3, maka akan memperkuat implementasi di tataran operasional,” tandasnya.

PTSG Pabrik Rembang, tegas dia, telah menunjukkan komitmen yang baik dalam pengelolaan K3 sebagai penerapan PP 50 tahun 2012 tentang Sistem Manajemen K3. PTSG juga telah meraih penghargaan Bendera Emas dari Kemenaker RI karena pencapaian sistem manajamen K3 yang optimal yaitu pada skala 85-100 persen.

 

 

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.