Tutup Iklan

Jateng Kirim 15 Sukarelawan Bantu Korban Gempa Sulawesi Barat

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mengirimkan 15 sukarelawan beserta logistik untuk membantu penanganan korban bencana gempa Sulawesi Barat.

Jateng Kirim 15 Sukarelawan Bantu Korban Gempa Sulawesi Barat Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat melepas bantuan dan sukarelawan untuk korban bencana gempa Sulawesi Barat di kantornya, Rabu (20/1/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng memberangkatkan 15 sukarelawan untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Sulawesi Barat.

Para sukarelawan yang berasal dari berbagai instansi penanganan bencana di Jateng itu diberangkatkan, dari Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Rabu (20/1/2021).

Selain sukarelawan, Pemprov Jateng juga mengirimkan bantuan uang tunai Rp500 juta dan bantuan logistic senilai Rp269 juta bagi korban gempa bumi Sulawesi Barat.

Gempa Bumi Jepara Terasa Hingga Cilacap

“Semangat kita adalah gotong royong untuk membangun kemanusiaan. Dengan banyaknya bencana, maka kita mesti bertindak melakukan sesuatu. Agar rasa sakit saudara kita dapat diringankan,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat melepas para sukarelawan tersebut.

Ganjar menegaskan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Sulawesi Barat terkait droping bantuan logistik dan sukarelawan tersebut. Beberapa kebutuhan juga sudah dibawakan, yakni makanan, tenda, tikar dan kebutuhan logistik kebencanaan lainnya.

“Sekarang yang ada kita kirim dulu. Yang penting berangkat dulu ke sana agar bisa segera membantu teman-teman di Sulbar. Kalau nanti ada order selanjutnya, kita siap bantu,” ucapnya.

Anak-Anak & Perempuan

Selain membantu penanganan bencana dan membawa logistik utama, Ganjar juga berpesan pada sukarelawan untuk mengedepankan kebutuhan anak-anak dan perempuan. Sebab, kebutuhan anak-anak dan perempuan seringkali terlupakan dalam penyediaan bantuan bencana.

“Tadi saya titip untuk anak-anak dan perempuan, karena seringkali terlupakan. Padahal, mereka butuh. Apalagi anak-anak ini butuh mainan, butuh suasana happy dan hiburan. Meskipun kondisinya darurat, anak-anak ini butuh dihibur, diberikan semangat agar tabah menjalani musibah ini,” jelasnya.

Ganjar juga berpesan pada para sukarelawan untuk menjaga nama baik Jateng. Mereka tidak boleh merepotkan dan harus langsung melapor ke Pemda Sulbar untuk siap diperbantukan di mana pun lokasinya.

Jateng Dibayangi Cuaca Ekstrem, BMKG: Waspadai Banjir Bandang!!!

Sementara itu, Plt. Kepala BPBD Jateng, Safrudin, mengatakan 15 sukarelawan yang dikirim ke Sulawesi Barat itu berasal dari beberapa kabupaten/kota. Ada juga yang dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), PMI, Dinsos dan instansi terkait.

“Nantinya mereka akan ditugaskan membantu selama sepekan. Tugasnya beda-beda sesuai kemampuan. Ada yang bidang kesehatan, psikososial, dapur umum dan lainnya,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.