Jateng Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng tengah menyiapkan skenario untuk menggelar pembelajaran tatap muka di sekolah pada masa pandemi.

Jateng Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka Ilustrasi pembelajaran tatap muka. (Dok. Semarangpos.com)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) tengah menyiapkan skenario pembelajaran tatap muka di sekolah pada masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, seusai menggelar rapat koordinasi percepatan penanganan Covid-19 di Gedung A Kantor Setda Provinsi Jateng, Senin (15/3/2021).

“Hasil rapat hari ini, kita akan coba siapkan ketentuan-ketentuan untuk [pembelajaran] tatap muka, sekolah tatap muka. Kita lagi siapkan,” ujar Ganjar.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka di Batang Diundur

Rencana tersebut, papar dia, sudah dibicarakan bersama kepala daerah se-Jateng agar menyiapkan sekolah yang akan diuji coba pembelajaran tatap muka.

“Tadi kita sudah bicara bersama Bupati dan Wali Kota agar menyiapkan sekolah mana saja yang akan diuji coba. Belum semuanya,” imbuh Ganjar.

Ganjar menegaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka harus disiapkan secara matang agar nantinya tidak ada kendala. Mulai dari pembatasan kelasnya, sistem transportasi hingga fasilitas yang harus disediakan untuk protokol kesehatan.

“Sekarang kita persiapkan dulu sehingga ketika nanti katakan bulan Juli kita mau buka, sudah siap betul. Beberapa bulan ini sekolah sungguh-sungguh persiapan,” terangnya.

Sementara terkait vaksinasi terhadap guru, Ganjar mengaku guru merupakan pelayan publik yang juga masuk dalam prioritas mendapatkan vaksin.

Vaksinasi Guru

Meski demikian, vaksinasi kepada guru akan diprioritaskan yang mengajar di sekolah yang sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Minimal gurunya divaksin dulu, maka itu menjadi prioritas agar kita bisa memberikan sekolah-sekolah yang akan melakukan uji coba tatap muka,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan tengah menyiapkan ketentuan-ketentuan tentang pembelajaran tatap muka. Ketentuan itu terkait sekolah mana yang akan menggelar pembelajaran tatap muka, serta seperti apa protokol kesehatan yang akan diterapkan.

“Ini baru mau dirapatkan soal sekolah yang tatap muka. Di mana, seperti apa protokol kesehatannya,” katanya.

Baca juga: 1,21 Juta Warga Jateng Menganggur, Paling Banyak di Daerah Ini…

Untuk prioritas vaksin terhadap guru, Yulianto menerangkan bahwa untuk saat ini ketentuan dari pusat agar vaksin difokuskan kepada pelayan publik di atas 50 tahun.

“Untuk vaksin guru, kalau itu memang menjadi syarat ya kita akan siapkan. Tapi untuk saat ini ketentuan dari pusat vaksin untuk 50 tahun ke atas,” terang dia.

Yulianto menganjurkan bagi sekolah yang siap melaksanakan pembelajaran tatap muka harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari menyediakan tempat cuci tangan, alat cek suhu, kewajiban memakai masker, pembatasan jumlah siswa di dalam kelas, jaga jarak hingga tidak ada cium tangan siswa kepada guru.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.