Keren!!! Undip Ciptakan Robot Bantu Tenaga Medis Hadapi Corona

Civitas academica Undip Semarang membuat inovasi baru dalam perawatan pasien Covid-19 dengan menciptakan robot untuk membantu tenaga medis.

Keren!!! Undip Ciptakan Robot Bantu Tenaga Medis Hadapi Corona Robot berbentuk rak (kanan) ciptaan civitas academica Undip saat diujicobakan di RSN Diponegoro, Semarang, Senin (22/6/2020). (Semarangpos.com-Humas Undip)

Semarangpos.com, SEMARANG — Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menciptakan robot untuk membantu kerja tenaga medis dalam merawat pasien Covid-19.

Ketua Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI PT) Teknologi Kesehatan Center for Bio Mechanics, Bio Material, Bio Mechatronica, and Bio Signal Processing (CBIOM3S), Dr Rifky Ismail, mengatakan robot telah diujicobakan di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), Kota Semarang, Senin (22/6/2020).

Robot ini diuji kemampuannya dalam mengantarkan kebutuhan pasien, melakukan pengecekan, dan komunikasi visual dengan pasien.

“Adanya robot ini dapat mengurangi kontak antara tenaga medis [dokter dan perawat] dengan pasien Covid-19. Dengan adanya robot bisa mengurangi risiko penularan virus kepada tenaga kesehatan,” ujar Rifky dalam keterangan resmi.

Fungsi robot adalah untuk mengantar obat, makanan dan keperluan lain ke pasien, untuk komunikasi antara pasien dengan perawat. Selain itu, robot juga bisa menjadi media komunikasi video call antara pasien dengan keluarga. Robot juga bisa membantu tenaga medis saat memeriksa pasien Covid-19.

Untuk memenuhi sederet tugas itu, robot pun dilengkapi dengan rak untuk membawa  makanan, minuman, obat, pakaian dan keperluan lainkepada pasien yang sedag dirawat di ruangan. Robot juga dilengkapi  monitor dan kamera untuk komunikasi dua arah antara pasien dengan tenaga medis. Robot ini juga dilengkapi dengan teknologi wireless control.

Robot memiliki ukuran 140 cm x 50 cm x 60 cm, dengan body berbahan akrilik. Robot juga dilengkapi dengan penggerak dua motor yang sumber tenaganya berasal dari baterai yang dapat di-charge. Robot ini juga memiliki bilik disinfektan yang berfungsi untuk membersihkan robot setelah digunakan.

Uji coba

Dalam uji coba itu, robot diperintahkan berjalan ke ruangan pasien yang sedang dirawat. Robot melayani pasien, dengan membawa sejumlah kebutuhan pasien, seperti obat dan makanan. Nampak pasien pun mengambil barang yang dibawa oleh robot. Sementara, perawat memantau dan berkomunikasi dengan pasien lewat monitor yang ada di robot.

Sementara itu, Dirut RSND, Dr. dr. Sutopo Patria Jati, sangat mengapresiasi pembuatan robot itu. Ia pun berharap robot akan bermanfaat bagi tenaga medis dan masyarakat.

Pelaksana tugas (Plt.) Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip, Dwi Cahyo Utomo, mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 dan menuju era new normal , peran perguruan tinggi (PT) dalam pengabdian masyarakat, sangat penting.

“Ini pulalah yang mendorong Undip terus membantu masyarakat. Salah satunya untuk tenaga medis dengan menciptakan inovasi baru,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.