Laba SMOR Naik, 6 BUMDes di Rembang dan Blora Raup Dividen Tunai

Enam BUMDes pemegang saham PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (SMOR), anak perusahaan PT Semen Gresik (PTSG) mendapatkan dividen 50 persen tunai dari laba PT SMOR yang melonjak pada 2021.

Laba SMOR Naik, 6 BUMDes di Rembang dan Blora Raup Dividen Tunai Peresmian pendirian PT SMOR sebagai anak perusahaan PTSG pada tahun 2020. (Istimewa)

Semarangpos.com, REMBANG–Keenam BUMDes yang memiliki saham di anak perusahaan PT Semen Gresik (PTSG) di Rembang, yakni PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (SMOR) mendapatkan pembagian dividen 50% tunai.

Keenam BUMDes itu, yakni PT Mitra Tegaldowo Sejahtera berlokasi di Desa Tegaldowo, PT Indo Kadiwono Sukses (Desa Kadiwono), PT Pasucen Berkah Mandiri (Desa Pasucen), PT Kajar Ngudi Mulyo (Desa Kajar), PT Karya Berkah Berdikari Desa Timbrangan yang berlokasi di Rembang, serta PT Ngampel Gading Perkasa di Desa Ngampel, Kabupaten Blora

Hal itu sebagai langkah setelah PT SMOR membukukan laba bersih dan kinerja luar biasa di tahun buku 2021.

Laba perusahaan patungan yang baru beroperasi dua tahun ini, meroket hingga menembus 300% dibandingkan 2020.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham yang telah dilaksanakan juga tersampaikan pertumbuhan SMOR semakin signifikan dengan pembagian 50% dividen tunai (tahun sebelumnya 15%) dari laba bersih kepada pemegang saham yaitu enam PT BUMDes sekitar wilayah operasional PTSG.

Baca Juga: Semen Gresik Bersama SIG Fasilitasi Petani Rembang Kembangkan Klaster Industri Jagung

Sesuai komitmen sejak awal, PTSG selaku pemegang saham mayoritas, akan mengembalikan keseluruhan atau 100% dividen ke masyarakat dalam bentuk berbagai program pemberdayaan langsung.

Direktur Utama SMOR Syaichul Amin menjelaskan sebagai perusahaan patungan percontohan dan yang pertama di Indonesia, kinerja operasional dan keuangan SMOR terus menunjukkan tren positif.

Syaichul berharap pembagian keuntungan yang dibagikan menambah motivasi kepada enam PT BUMDes untuk terus mengembangkan usaha sesuai keunikan dan potensi masing-masing desa, serta ikut menopang ABPDes.

“Kami akan mempertahankan komitmen sebagai perusahaan penyedia barang dan jasa yang memberikan manfaat finansial dan sosial bagi kesejahteraan masyarakat desa di sekitar pabrik Rembang,” kata Syaiful Amin dalam keterangannya, Senin (25/7/2022).

Dia menambahkan tantangan SMOR ke depan makin kompetitif.

Baca Juga: 50 UMKM Binaan Rumah BUMN Rembang Apresiasi Pendampingan PT Semen Gresik

Pasalnya, perusahaan pada 2022 ini didorong untuk terus berinovasi dan jeli melihat peluang pada potensi project di luar proses bisnis PTSG selaku induk, serta meningkatkan revenue atau pendapatan dari aktivitas bisnisnya sekitar 2%-3%.

Langkah yang dilakukan, tambah Syaichul, selain melanjutkan penyediaan jasa, juga inovasi usaha melalui kegiatan di bidang spesifik seperti sebagai Event Organizer.

PT SMOR
Salah satu bidang usaha yang tengah dikembangkan oleh SMOR di tengah tantangan usaha yang semakin kompleks, yaitu penyediaan jasa event organizer. Salah satunya pada penyelenggaraan Grand Launching Klaster Jagung di Kabupaten Rembang (Kamis, 21/7/2022).

Pihaknya juga meningkatkan kapasitas SDM 500 karyawan yang 80% di antaranya warga Ring 1 pabrik.

Senior Manager of Communication and CSR PTSG, Dharma Sunyata, menyampaikan apresiasi atas kinerja SMOR yang menggembirakan.

Menurut dia, raihan laba bersih yang fantastis pada 2021 diharapkan akan lebih memacu semangat berusaha enam PT BUMDes di lingkungan perusahaan.

Baca Juga: Semen Gresik Salurkan Hewan Kurban Senilai Total Rp280 Juta di Rembang dan Blora

Dharma mengungkapkan tantangan SMOR ke depan akan semakin dinamis dan menantang.

Pihaknya mendukung upaya SMOR yang tidak hanya bergerak di bidang barang dan jasa, tetapi sekarang melebarkan sayap ke bidang-bidang lain yang potensial.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.