Tutup Iklan

Libur Panjang, Ketep Pass Batasi Pengunjung 2.000 Orang

Wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, salah satu yang menarik perhatian adalah Ketep Pass yang terletak di lereng Gunung Merapi.

Libur Panjang, Ketep Pass Batasi Pengunjung 2.000 Orang Objek wisata Ketep Pass. (Dok. Solopos.com)

Semarangpos.com, MAGELANG – Pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) Ketep Pass di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) melakukan pembatasan jumlah pengunjung guna mengantisipasi membeludaknya wisatawan selama libur panjang, 28 Oktober-1 November 2020.

Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran DTW Ketep Pass, Edward Alfian, mengatakan selama libur panjang jumlah pengunjung dibatasi 2.000 orang per hari. Sedangkan, jumlah maksimal wisatawan yang diizinkan masuk ke dalam objek wisata hanya sekitar 300 orang.

Pengaturan dan pembatasan jumlah pengunjung sudah diberlakukan sejak dari parkir kendaraan. Jika parkir penuh dan jumlah pengunjung diperkirakan sudah mencapai 2.000, maka wisatawan akan dialihkan ke objek wisata lain di sekitar Ketep.

Alami Gangguan Jiwa, Warga Grobogan Tewas Dianiaya Tetangga

Pengelola akan memberlakukan sistem buka-tutup loket untuk membatasi jumlah pengunjung di dalam objek wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Magelang itu.

“Nanti sekitar pukul 10.00 WIB atau 11.00 WIB kita sudah tutup area untuk pengunjung. Jadi kalau nanti pukul 13.00 WIB sudah mencapai 2.000 orang, berarti sudah mulai dijalankan protokol kesehatan,” ujar Alfian dikutip dari suara.com, Selasa (27/10/2020).

Menurut Alfian pada masa puncak liburan seperti Lebaran, Ketep Pass pernah menerima wisatawan mencapai 8.000 orang per hari.

“Kami hanya mengambil di angka 2.000 orang. Ini sebagai upaya objek wisata Ketep Pass menjaga protokol kesehatan agar tetap bisa diterapkan.”

Jip Wisata

Sambil menunggu loket kembali dibuka, wisatawan dapat menikmati kuliner atau mengunjungi objek wisata di sekitar Ketep menggunakan mobil jip. Pengelola menyediakan 10 unit jip wisata yang dapat disewa dengan rute tertentu.

Tak Hanya Sate Kambing, Kuliner Ini Juga Patut Dicoba saat ke Tegal

“Kalau nanti [tempat] parkir full kendaraan, kita arahkan pengunjung ke objek wisata Kragilan Top Selfie, Grenden. Jadi harapannya selama [pandemi] Covid-19 ini kita harus bekerja sama dengan pengelola daya tarik wisata lainnya,” ujar Alfian.

Daya Tarik Wisata (DTW) Ketep Pass juga membuka layanan reservasi agar pengunjung dapat memesan tiket sebelum hari kunjungan.

“Beberapa sudah reservasi ke kami. Tapi angkanya masih sedikit sekali, mungkin karena wisata alam terbuka belum banyak yang reservasi,” imbuh Alfian.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.