Tutup Iklan

Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter Terbentang di Kaki Gunung Merbabu

Bendera merah putih sepanjang 1.000 meter dibentangkan ratusan orang dari berbagai Ormas di Kabupaten Semarang di jalur menuju lereng Gunung Merbabu.

Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter Terbentang di Kaki Gunung Merbabu Ratusan anggota Ormas di Getasan, Kabupaten Semarang, membentangkan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter di jalur menuju lereng Gunung Merbabu, Minggu (23/8/2020). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 700 orang dari Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat (Forkom Ormas) Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) membentangkan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter, Minggu (23/8/2020).

Bendera merah putih itu mereka bentangkan di sepanjang jalur menuju lereng Gunung Merbabu, tepatnya dari Taman Makam Pahlawan Gentasan menuju Kantor Kecamatan Getasan.

Sebelum pembentangan bendera, perwakilan dari 22 ormas dan karang taruna yang ambil bagian dalam kegiatan itu menggelar apel kebangsaan di halaman Kantor Kecamatan Getasan. Setelah itu, mereka berjalan kaki membentuk barisan di sisi kiri jalur menuju Gunung Merbabu.

Viral Mahasiswa Baru Bayar Uang Pangkal Rp87 M, Undip Sebut Hoaks

Setelah berbaris rapi, mereka kemudian menarik bendera tersebut secara perlahan hingga seluruh personel memegang bendera itu. Pembentangan bendera itu membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan melibatkan sekitar 700 orang.

“Setelah bendera terbentang, arus lalu lintas dihentikan sejenak. Kami mengajak peserta dan pengguna jalan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya,” ujar Ketua Forkom Ormas Kecamatan Getasan, Riska Dwi Prasetyo, Minggu (23/8/2020).

Pilkada Semarang

Riska mengungkapkan, kegiatan pembentangan bendera 1.000 meter itu digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Selain itu, acara tersebut juga sebagai wujud deklarasi damai Pilkada Kabupaten Semarang 2020.

“Kami berharap selama proses pilkada berlangsung berjalan damai dan tidak dinodai money politics yang bisa merusak demokrasi,” ungkapnya.

Diangkut ke Yogya, Pesawat Habibie Tersendat di Tol Semarang

Simbolisasi bendera 1.000 meter, lanjutnya, sebagai bahan renungan bahwa selama berada di bawah bendera merah putih harus berpikir mengenai keutuhan dan persatuan NKRI.

Dia menegaskan bahwa seluruh peserta pembentangam bendera sudah melalui pemeriksaan kesehatan. “Mereka juga harus memenuhi protokol kesehatan, utamanya memakai masker dan jaga jarak saat pembentangan,” jelas Riska.

Kapolres Semarang, AKBP Gatot Hendro Hartono, mengapresiasi pembentangan bendera 1.000 meter tersebut. “Apalagi ini tujuannya untuk pilkada damai, TNI dan Polri beserta masyarakat harus bersatu menciptakan situasi kondusif dan aman,” ungkapnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.