Tutup Iklan

PMI Jateng Salurkan 5 Ventilator ke Rumah Sakit

PMI Jateng menyalurkan lima unit ventilator bantuan dari PMI pusat kepada lima rumah sakit di Jateng yang menangani pasien Covid-19.

PMI Jateng Salurkan 5 Ventilator ke Rumah Sakit Perwakilan PMI Jateng menyerahkan bantuan berupa ventilator ke RSUD Bendan, Kota Pekalongan, Jateng, Jumat (15/1/2021). (Semarangpos.com-Humas PMI Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Meningkatnya kasus konfirmasi positif Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) menjadi perhatian Palang Merah Indonesia (PMI).

Demi meningkatkan pelayanan penanganan pasien Covid-19, PMI Jateng menyalirkan 5 alat bantu pernafasan atau ventilator ke rumah sakit di Jateng. Selain ventilator, PMI Jateng juga mendistribusikan peralatan PHBS 2.000 paket dan 79.200 sabun mandi.

Kepala Seksi Pelayanan Masyarakat PMI Jateng, Dwi Handoko Wibisono, mengatakan ventilator dari PMI pusat itu didistribusikan ke lima rumah sakit di Jateng.

Kapal Nelayan Vs Kapal Niaga di Batang, 12 ABK Hilang

“Ada 5 unit ventilator untuk rumah sakit di kabupaten/kota di Jateng. Sedangkan paket PHBS dan sabun mandi diperuntukkan bagi masyarakat,” ujar Handoko saat menyerahkan bantuan tersebut di RSUD Bendan, Kota Pekalongan, Jumat (15/1/2021).

Ventilator adalah alat bantu napas yang digunakan untuk pasien dengan kondisi kritis, termasuk pasien Covid-19. Menurut American Thoracic Society, kadar oksigen alat ventilator yang digunakan untuk membantu pernapasan pasien lebih tinggi daripada alat bantu oksigen lainnya.

Alat ventilator juga membantu paru-paru tetap mengembang, sehingga kantung udara di paru-paru tidak mengempis.

Direktur RSUD Bendan Kota Pekalongan, dr. Junaedi SpPK, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan peralatan ini.

Kabar Duka! 35 Dokter di Jateng Meninggal Dunia Akibat Covid-19

“Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan ventilator dari PMI. Saat ini ventilator sangat dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, termasuk pengobatan pasien Covid-19,” ujarnya.

Kepala Markas PMI Kota Pekalongan, Imron Rosyidi, mengatakan bahwa peralatan ini sangat dibutuhkan pasien untuk menunjang penyembuhan. “Kami berharap peralatan itu dapat meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya kepada pasien Covid-19 agar agar tingkat kesembuhan lebih maksimal,” ujar Imron.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.