Polda Jateng Pasang 20 Kamera CCTV di Kota Lama Semarang, Apa Gunanya?

Kabid TIK Polda Jateng, Kombes Pol. Kawedar, menyatakan pemasangan CCTV di kawasan Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah telah dilakukan Sabtu (28/12/2019).

Polda Jateng Pasang 20 Kamera CCTV di Kota Lama Semarang, Apa Gunanya? Kabid TIK Polda Jateng, Kombes Pol. Kawedar (kanan), tengah memberikan instruksi pemasangan CCTV di kawasan Kota Lama, Semarang, Sabtu (28/12/2019). (Semarangpos.com-Humas Polda Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Polda Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019), memasang puluhan kamera closed circuit television (CCTV) di Kota Lama Semarang. Pemasangan CCTV di lokasi wisata itu dilakukan dengan harapan meningkatkan keamanan lingkungan setempat.

Kepala Bidang (Kabid) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polda Jateng, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Kawedar, mengatakan pemasangan CCTV ini dilakukan sebagai upaya Polda Jateng dalam melakukan pengamanan dan pengawasan saat perayaan malam pergantian tahun atau Tahun Baru 2020 di kawasan Kota Lama.

Jika terjadi kondisi darurat, CCTV yang telah terhubung dengan beberapa instansi itu akan memberikan informasi sehingga cepat dilakukan penindakan oleh aparat kepolisian.

“Tujuannya tentu yang pertama untuk pengawasan masyarakat yang memerlukan bantuan kesehatan. Jadi kalau ada masyarakat yang saat menjalani perayaan malampergantian tahun sakit atau ada accident, maka bisa segera ditangani,” tutur Kawedar, Sabtu.

Selain itu, CCTV juga bisa membantu aparat kepolisian dalam mengenali pelaku kriminalitas melalui pakaian atau peralatan yag digunakan. CCTV tersebut juga bisa memantau kondisi Kota Lama jika terindikasi adanya teror maupun bencana.

“Tujuannya untuk mencari pelaku dan penindakan hukum,” katanya.

Sniper
Sementara itu, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Iskandar Fitriana Sutisna, mengatakan penempatan CCTV juga menjadi rujukan aparat kepolisian dalam menggerakan tim penembak jitu atau sniper yang telah disebar di lokasi strategis.

“Sesuai perintah Kapolda, penembak jitu sudah ditempatkan oleh Brimob di tempat strategis. Ketika terjadi tindakan kejahatan, tim penembak jitu dengan mudah kita operasikan untuk melakukan tindakan,” ujar Iskandar.

Selain di Kota Lama, CCTV juga dipasang di daerah lain seperti arena car free night di Jl. Slamet Riyadi, Solo, dan beberapa tempat yang bakal didatangi ribuan orang untuk merayakan malam pergantian tahun.

“Total ada 40 CCTV yang kita pasang, di Semarang di Kota Lama sekitar 20 CCTV. Jl. Slamet Riyadi Solo juga ada. Total 50 CCTV yang kita pasang di Semarang dan Solo. Untuk Simpang Lima sudah ada, nanti tinggal kita integrasikan dengan yang di Kota Lama,” jelas Iskandar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.