PT KAI Daops IV Semarang Belum Gunakan Genose untuk Cek Penumpang

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang belum akan menggunakan Genose untuk pemeriksaan penumpang pada 5 Februari nanti.

PT KAI Daops IV Semarang Belum Gunakan Genose untuk Cek Penumpang GeNose C19 buatan UGM dipercaya mampu mendeteksi virus corona atau Covid-19 dalam waktu singkat. (ugm.ac.id)

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menerapkan kebijakan baru bagi penumpang kereta api jarak jauh per tanggal 5 Februari nanti.

Sesuai SE Kementerian Perhubungan (Kemenhub) No.11/2021 tentang Perpanjanan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam masa Pandemi Covid-19, ada tambahan satu lagi tes yang diterapkan sebagai syarat bagi penumpang jarak jauh.

Tes itu adalam pemeriksaan Covid-19 melalui peralatan Genose buatan Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta).

Baca juga: Jateng Pesan 100 GeNose C-19 dari UGM, Tes Covid-19 Enggak Perlu Swab

Kendati demikian, belum semua stasiun di Indonesia yang akan menerapkan layanan pemeriksaan Covid-19 dengan peralatan Genose pada 5 Februari nanti. Hanya ada dua stasiun yang akan menyediakan layanan Genose, yakni Stasiun Gambir Jakarta dan Stasiun Yogyakarta.

Sementara stasiun lain, termasuk Stasiun Tawang Semarang yang berada di wilayah PT KAI Daops IV Semarang belum menerapkan. Stasiun Tawang hanya melayani pemeriksaan rapid test antigen, yang diperuntukkan bagi calon penumpang kereta api jarak jauh.

“Maaf, stasiun di Daop IV harus menunggu tahapan berikutnya. [Stasiun] Gambir dan Yogyakarta dahulu,” ujar Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, Selasa (26/1/2021).

Genose merupakan alat pendeteksi Covid-19 yang dikembangkan para peneliti di UGM. Alat ini sudah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan siap didistribusikan ke berbagai daerah.

Perbedaan

Berbeda dengan rapid test antigen atau tes PCR yang mengambil sampel lendir untuk diperiksa, Genose mengambil embusan nafas untuk diperiksa.

Pemeriksaan Genose juga dianggap lebih efisien karena hanya membutuhkan waktu 3 menit, dengan biaya atau tarif yang diperkirakan berkisar Rp20.000 per tes.

Baca juga: Rapid Test Antigen di Tegal Dipindah ke Gedung SCS

Sementara itu, hingga saat sudah ada 46 stasiun yang melayani pemeriksaan rapid test rantigen bagi calon penumpang kereta api jarak jauh dengan tarif Rp105.000.

Dari 46 stasiun, lima di antaranya berada di wilayah PT KAI Daops IV Semarang yakni Stasiun Tawang, Stasiun Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Cepu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.