Tutup Iklan

Semarang Diguyur Hujan, Operasional Bandara Ahmad Yani Setop Sementara

Cuaca ekstrem berupa hujan deras yang mengguyur Kota Semarang membuat aktivitas di Bandara Ahmad Yani Semarang sempat terganggu dan terhenti.

Semarang Diguyur Hujan, Operasional Bandara Ahmad Yani Setop Sementara Aktivitas di terminal Bandara Ahmad Yani Semarang cukup lenggang Sabtu (6/2/2021). (Semarangpos.com-Humas AP I Bandara Ahmad Yani Semarang)

Semarangpos.com, SEMARANG – Cuaca ekstrem berupa hujan deras yang melanda Kota Semarang sejak Jumat (5/2/2021) tengah malam berdampak pada operasional Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani.

Hujan deras itu membuat landasan pacu atau runway di Bandara Ahmad Yani Semarang tergenang air. Akibatnya, operasional penerbangan di bandara tersebut untuk sementara disetop, Sabtu (6/2/2021) pagi.

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Ahmad Yani Semarang, Heri Trisno Wibowo, mengaku saat ini pihaknya telah mengaktifkan 54 pompa air untuk mengurangi genangan air di landasan pacu.

Baca juga: Diguyur Hujan Deras, 9 Kecamatan di Semarang Terdampak Banjir

“Telah terjadi genangan air di sekitar runway saat dilakukan inspeksi tadi pagi. Namun, saat ini sedang dilakukan langkah antisipasi dengan cara mengaktifkan 54 unit pompa untuk menghindari terjadinya banjir di area bandara,” ujar Heri dalam keterangan resminya, Sabtu pagi.

Heri mengatakan genangan air itu disebabkan cuaca ekstrem dan hujan yang tak kunjung berhenti sejak Jumat malam hingga Sabtu.

Cuaca ekstrem yang tak kunjung mereda itu pun membuat pihak Bandara Ahmad Yani Semarang menghentikan operasional sementara.

Berdasarkan NOTAM No. B0177/21 perihal RWY 13/31, Bandara Ahmad Yani Semarang ditutup hingga pukul 11.00 WIB atau hingga cuaca membaik.

Delay

Hujan yang tak kunjung reda itu pun membuat satu penerbangan, pesawat Garuda Indonesia GA 232 tujuan Jakarta-Semarang gagal mendarat. Pesawat itu dialihkan ke Bandara Juanda, Surabaya.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Pesawat ke Semarang Sempat Dialihkan ke Solo

Selain itu terdapat tujuh penerbangan yang harus ditunda atau delay. Ketujuh penerbangan itu yakni pesawat Batik Air ID 6362 tujuan Jakarta-Semarang, Batik Air ID 6359 tujuan Jakarta –Semarang, Nam Air IN 195 tujuan Pangkalan Bun-Semarang, Wings Air IW 1806 tujuan Semarang-Pangkalan Bun, Garuda Indonesia GA 235 tujuan Semarang-Jakarta, dan Batik Air ID 7369 tujuan Semarang-Jakarta.

“Meski masih turun hujan, situasi di bandara sampai saat ini masih kondusif,” imbuh Heri.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.