Sembuh dari Covid-19, Wagub Jateng Sumbang Plasma Konvalesen

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, menyumbangkan plasma darah untuk terapi konvalesen pasien Covid-19 setelah dinyatakan sembuh.

Sembuh dari Covid-19, Wagub Jateng Sumbang Plasma Konvalesen Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, saat mendonorkan plasma darah untuk terapi konvalesen kesembuhan pasien Covid-19 di UDD PMI Kota Semarang, Selasa (14/7/2021). (Semarangpos.com-Komunitas Santri Gayeng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Wakil Gubernur Jawa Tengah (Wagub Jateng), Taj Yasin Maimoen, menyumbang 500m ml atau dua kantong plasma darah untuk terapi konvalesen kesembuhan pasien Covid-19.

Proses pengambilan plasma konvalesen milik Taj Yasin itu dilakukan dengan menggunakan metode apheresis di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang, Selasa (13/7/2021).

Kepala UDD PMI Kota Semarang, dr. Anna Kurniawati, mengaku pengambilan plasma darah untuk terapi konvalesen milik Wagub Jateng berlangsung selama 45 menit.

Baca jugaPonpes di Jateng Siap Jadi Lumbung Donor Plasma Convalescent

“Kita ambil sekitar 500 ml atau dua kantong. Dengan dua kantong plasma ini bisa membantu satu pasien Covid-19,” ujar Anna dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Selasa petang.

Anna menjelaskan, sehari sebelum pengambilan plasma konvalesen, petugas telah melakukan verifikasi dan mengambil sampel terhadap Taj Yasin. Hasil pemeriksaan sampel menunjukkan Taj Yasin memenuhi persyaratan untuk donor plasma konvalesen.

Syarat itu antara lain sudah 14 hari setelah dinyatakan sembuh Covid-19 atau hasil PCR negatif. Pria yang karib disapa Gus Yasin itu juga memiliki kekuatan atau titer antibodi bagus.

“Titer Pak Wagub ini bagus, 640. Minimalnya untuk bisa donor plasma konvalesen kan 160,” imbuh Anna.

Sementara itu, Gus Yasin mengaku senang bisa menyumbangkan plasma darahnya untuk membantu pasien Covid-19 yang membutuhkan. Ia mengungkapkan sejak diambil plasmanya tidak merasakan keluhan apapun.

“Jadi kita butuh kesadaran bahwa penyintas ini memiliki kesempatan menolong warga yang terpapar Covid-19. Penyintas bisa berkali-kali donor plasma asalkan memenuhi syarat. Alhamdulillah kalau untuk donor sendiri saya tidak ada keluhan apa-apa,” katanya.

Permintaan

Ia juga menyatakan akan kembali menyumbang plasma konvalesen di kemudian hari. Tentunya setelah 14 hari dari donor pertama dan semua syarat terpenuhi.

Baca juga: Berikut 27 Exit Tol di Jateng yang Ditutup Mulai 16-22 Juli 2021

Keinginan Taj Yasin itu sangat beralasan karena saat ini permintaan plasma konvalesen di Jateng sangat tinggi. Sementara, stok yang ada di PMI belum tercukupi untuk memenuhi banyaknya permintaan.

“Mari kalau terpapar Covid-19 dan dinyatakan sembuh yuk kita bantu saudara kita, keluarga kita, teman kita dan masyarakat Indonesia untuk menghadapi Covid-19. Kalau lihat data yang masuk masih butuh banyak [donor plasma konvalesen]. Dari pemerintah provinsi sendiri mengajak kepada seluruh penyintas untuk segera memeriksakan titer antibodi untuk donor plasma,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.