Sepanjang April, 577.821 Pemudik Tiba di Jateng, Terbanyak ke Brebes

Jumlah pemudik yang tiba di Jateng sepanjang April 2020 atau sepanjang masa pandemi virus corona atau Covid-19 mencapai 577.821 orang.

Sepanjang April, 577.821 Pemudik Tiba di Jateng, Terbanyak ke Brebes Ilustrasi foto pemudik. (Dok. Antara)

Semarangpos.com, SEMARANG – Gelombang pemudik yang pulang ke kampung halamannya di berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng) mengalami lonjakan selama masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Data Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng menyebutkan hingga Rabu (22/4/2020), total sudah ada sekitar 577.821 pemudik telah kembali ke kampung halamannya di berbagai daerah di Jateng.

Dari jumlah sebanyak itu pemudik paling banyak ada di Kabupaten Brebes, yang mencapai 77.601 orang. Selanjutnya di Kabupaten Banyumas dengan 73.468 orang, Pemalang 58.517 pemudik, Tegal 50.631 pemudik, dan Wonogiri dengan 43.992 pemudik.

Unik, Tes PCR di RSND Undip Semarang Gunakan Model Drive Thru

“Ada lima daerah dengan pemudik paling besar di Jateng selama pandemi ini. Brebes, Banyumas, Pemalang, Kabupaten Tegal, dan Wonogiri,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Rabu sore.

Semua pemudik yang pulang ke Jateng itu, lanjut Ganjar, telah didata oleh pemerintah daerah setempat. Ia juga memastikan pemudik itu sudah ditangani sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

“Tidak hanya di kabupaten/kota, di desa-desa juga mereka [pemudik] didata. Jadi, semua siap dengan kondisi ini,” tegasnya.

Geger, Truk Dibakar Orang Tak Dikenal di Hutan Monggot Grobogan

Kendati gelombang pemudik yang tiba di Jateng mencapai ratusan ribu, Ganjar menilai mulai ada penurunan dalam beberapa hari terakhir.

Ia pun berharap kondisi itu bisa terus bertahan agar pencegahan penularan Covid-19 atau virus corona dapat berjalan efektif.

Gunakan bus

Dari ratusan ribu pemudik yang tiba di Jateng itu paling banyak menggunakam moda transportasi darat. Tercatat ada sekitar 356.809 pemudik yang pulang kampung dengan transportasi darat, seperti bus. Selanjutnya ada 172.146 pemudik menggunakan kereta api, 44.216 pemudik pesawat, dan 4.659 pemudik dengan kapal.

Napi Asimilasi Berulah, Polda Jateng Terapkan Tembak di Tempat

Ganjar menambahkan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada para pekerja Jateng yang ada di kota-kota besar untuk tidak mudik. Apalagi saat ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik.

“Akan terus kami sosialisasikan, sambil melakukan pendataan agar tidak ada yang mudik,” imbuhnya.

Jumlah pemudik yang pulang mencapai 577.821 itu hanya yang terjadi sepanjang April. Namun, jika ditotal dengan jumlah pemudik yang datang ke Jateng sejak Maret bisa mencapai 669.298 orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.