Unik, Nelayan di Kendal Bisa Dengar Suara Ikan

Ada kisah unik dari para nelayan di Kendal yang memiliki kemampuan mendengarkan suara ikan di lautan sebelum menjaring.

Unik, Nelayan di Kendal Bisa Dengar Suara Ikan Nelayan di Kendal, Jawa Tengah, saat melaut di Laut Jawa. (Detik.com)

Semarangpos.com, KENDAL — Ada kisah unik dari para nelayan di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Mereka konon mampu mendengar suara ikan dan ini membantu mereka saat mencari ikan di laut.

Kusnadi merupakan salah satu nelayan asal Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang memiliki kemampuan tersebut.

Dia melaut sebagai nelayan saat libur bertugas sebagai mandor kapal di salah satu perusahaan yang menaunginya. Dia melaut secara berkelompok dengan anaknya dengan jarak tempuh 1-2 km dari bibir pantai ke Laut Jawa.

Baca juga: Pelaku Gendam Modus Bansos di Kudus Ditangkap

Mereka sering kali melaut pada pagi hari untuk menjaring ikan pelagis yang biasa muncul di permukaan laut. Setelah tiba di lokasi, seperti dikutip dari Detik.com, Kamis (14/10/2021), Kusnadi mematikan mesin kapal.

Mereka kemudian menajamkan pendengaran untuk mendengarkan suara ikan guna menentukan lokasi menebar jaring. Sesekali Kusnadi dan teman-temannya berenang bergantian di sekitar kapal. Ini dilakukan untuk mencari lokasi kawanan ikan yang diburu.

Kusnadi mengatakan kemampuan ajaib itu hanya dimiliki beberapa nelayan di Gempolsewu, Kendal. Setelah menemukan suara ikan, barulah jaring ditebar sebagai jebakan.

Baca juga: Trans Jateng Semarang-Godong Diluncurkan, Ganjar: Mudahkan Buruh dan Pelajar

Jika sedang beruntung, dia bisa mendapatkan 1 kuintal ikan. Kebanyakan yang terjaring biasanya jenis ikan kembung.

Kusnadi mengaku kemampuan ajaibnya mendengarkan suara ikan sempat membuat heran nelayan lain. Sebab, selama berlayar dia mengaku jarang mengalami kendala teknis.

Cara tradisional itu masih dipertahankan guna memelihara ekosistem laut. Tidak seperti kebanyakan nelayan lain yang memakai alat tangkap arad. Setelah mendapatkan tangkapan ikan yang cukup, Kusnadi dan teman-temannya merapat ke daratan. Biasanya mereka pulang saat tengah hari.

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.