Bus Eka Terbakar di Jalan Solo-Jogja, Bikin Panik

Bus Eka jurusan Surabaya-Cilacap mendadak terbakar di Jalan Solo-Jogja, tepatnya di Tegalmas, Desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan.

Bus Eka Terbakar di Jalan Solo-Jogja, Bikin Panik Tim Damkar Klaten dan aparat polisi saat menangani Bus Eka yang mendadak terbakar di Jl. Solo-Jogja, tepatnya di Tegalmas, Desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan, Selasa (30/11/2021) malam. (Dok. Damkar Klaten)

Semarangpos.com, KLATEN — Bus Eka jurusan Surabaya-Cilacap mendadak terbakar di Jalan Solo-Jogja, tepatnya di depan Toko Bangunan (TB) Sumber Agung, Tegalmas, Desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan, Selasa (30/11/2021) pukul 21.15 WIB.

Meski sempat membikin panik driver dan para penumpang, kobaran api dapat dipadamkan secara manual dalam tempo singkat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Semarangpos.com, musibah kebakaran terjadi di barat traffic light Tegalmas, Kecamatan Jogonalan. Kebakaran itu dilaporkan Eko Sugitno, 48, selaku pengemudi bus.

Laporan kebakaran Bus Eka berpelat nomor S 7815 US masuk ke Damkar Klaten, Selasa (30/11/2021) pukul 21.15 WIB. Tim Damkar langsung mendatangi lokasi kejadian, pukul 21.28 WIB. Jarak Markas Damkar Klaten ke lokasi kejadian kurang lebih 9,5 kilometer.

Baca juga: Gadis Bawah Umur di Grobogan Diperkosa Tetangga

Musibah kebakaran bermula saat Bus Eka melaju ke arah Solo. Menjelang melintasi traffic light Tegalmas, Prawatan, Eko Sugitno melihat kepulan asap di bagian mesin belakang. Hal itu diketahui dari kaca spion bus. Selanjutnya, pengemudi menepikan busnya.

Begitu dilihat, ternyata terdapat kobaran api di bagian mesin. Musibah kebakaran dapat dipadamkan driver sebelum petugas Damkar di lokasi kejadian. Tim Damkar Klaten yang tiba di lokasi kejadian membersihkan tumpahan solar di sekitar bus. Saat kejadian, Bus Eka mengangkut puluhan penumpang.

“Dugaan kebakaran karena korsleting. Tak ada korban meninggal dunia atau pun korban luka-luka dalam kejadian tersebut. Rangkaian pemadaman kobaran api rampung pukul 22.10 WIB [pemilik bus atas nama PT Eka Mira Prima Sentosa],” kata Kepala Seksi (Kasi) Damkar Klaten, Sumino, kepada semarangpos.com, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Kecelakaan Karambol Salatiga, Polisi Buru Supir Truk Tronton

Bus Eka Diduga Korsleting

Terpisah, Kasihumas Polres Klaten, Iptu Abdillah, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan aparat polisi turut mendatangi lokasi kejadian.Penyebab kebakaran bus Eka dari arah Jogja-Solo, yakni terjadi korsleting di bagian kabel lampu di bus bagian belakang. Percikan api merembet ke mesin bus.

“Pengemudi bus segera memadamkan kebakaran mesin belakang menggunakan baskom berisi air. Baskom itu milik warung hik/angkringan di dekat lokasi kejadian,” katanya.

Iptu Abdillah mengatakan tak ada korban jiwa atau pun korban luka dalam musibah kebakaran tersebut. Seluruh penumpang bus dalam kondisi selamat dan dapat melanjutnya perjalannya ke arah Solo.

“Jumlah penumpang 30 orang. Seluruhnya aman dan tidak ada korban jiwa. Seluruh pebumpang sudah di-oper langsung [dipindahkan ke bus lain untuk melanjutkan perjalanan],” katanya.

 

 

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.