Dari Sabang Sampai Merauke, Inilah 5 Menu “Indonesia Banget” Yang Bikin Kangen Kampung Halaman

Setiap daerah menghasilkan hidangan yang diperkenalkan dan dimasak turun temurun hingga akhirnya menjadi ciri khas.

Dari Sabang Sampai Merauke, Inilah 5 Menu “Indonesia Banget” Yang Bikin Kangen Kampung Halaman Sumber: freepik.com

Semarangpos.com, JAKARTA — Indonesia dikenal sebagai negara kaya akan rempah yang telah melahirkan banyak kuliner Nusantara yang kita kenal sampai hari ini. Tersebar di seluruh Indonesia, setiap daerah menghasilkan hidangan yang diperkenalkan dan dimasak turun temurun hingga akhirnya menjadi ciri khas. Mulai dari yang manis, pedas, gurih, asam segar hingga campuran diantaranya bisa ditemukan pada makanan tanah air.

Tak jarang, aneka makanan khas pun turut hadir pada perayaan dan acara-acara spesial yang kental dengan tradisi. Mulai dari pernikahan, perayaan keagamaan, hingga hari besar, seperti Lebaran. Setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa, Lebaran merupakan hari kemenangan yang ditunggu oleh umat Muslim. Inilah momen yang sangat ditunggu untuk berkumpul dan melepas rindu. Bukan hanya rasa rindu pada keluarga, tapi juga pada makanan khas kampung halaman. Bisa jadi masakan khas nenek yang soal rasa tidak ada duanya, atau makanan kesukaan hasil tangan ibu yang sudah menemani sejak kecil.

Baca juga: 5 Tips Agar Tetap Sehat Selama Bulan Ramadan di Tengah Pandemi

Meski tahun ini pulang ke kampung halaman masih tertunda demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang sekitar yang disayangi, tidak ada salahnya melirik ragam kuliner nusantara yang jadi ciri khas daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke berikut:

1. Asam Padeh

Asam Padeh
Sumber: Cookpad.com

Selain rendang dan dendeng, Padang juga memiliki hidangan khas, yaitu asam padeh. Umumnya, asam padeh menggunakan daging sapi, meski sudah banyak yang membuatnya menggunakan ayam ataupun ikan. Asam padeh memiliki rasa pedas dengan rasa asam yang segar dengan warnanya kecoklatannya yang membuat rasanya lamak bana!

2. Sate Ambal

Sate Ambal
Sumber: Cookpad.com

Sate merupakan salah satu jenis makanan yang banyak dikreasikan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu yang khas dan tidak biasa adalah sate ambal. Nama ‘ambal’ berasal dari salah satu kecamatan di Kebumen, yaitu kecamatan Ambal yang mempelopori sate tersebut. Sate khas Jawa Tengah ini terbuat dari ayam yang memiliki keunikan pada bumbu yang digunakan. Jika umumnya sate menggunakan bumbu kacang, bumbu sate ambal terbuat dari tempe yang dihaluskan.

Baca juga: 3 Promo Spesial di Puncak ShopeePay Big Ramadan Deals Besok! Bikin Heboh!

3. Soto Banjar

Soto Banjar
Sumber: Cookpad.com

Selain sate, jenis soto juga banyak ragamnya di seluruh penjuru nusantara, seperti soto dari Kalimantan Selatan yang terkenal ada soto banjar. Kaya akan rempah, soto banjar menggunakan biji pala, cengkeh dan kayu manis untuk rasa kuah yang nikmat. Bicara kuah, terkadang warna kuah soto banjar tidak jernih karena menggunakan campuran susu atau telur yang malah membuat rasa semakin nikmat! Isian soto banjar sangat lengkap, mulai dari ayam suwir, perkedel, telur rebus, ketupat dan komponen spesial, wortel.

4. Sop Konro

Sop Konro
Sumber: Cookpad.com

Beralih ke pulau Sulawesi, hidangan khas Makassar dan Suku Bugis ini jadi primadona. Berbahan dasar iga atau daging sapi, keunikan sop konro terletak pada kuah yang sangat gurih yang dihasilkan dari berbagai rempah nusantara dan kelapa yang sudah disangrai, sehingga warna kuah coklat kehitaman. Sebagai pelengkap, sop konro disajikan dengan potongan ketupat sebagai sumber karbohidrat dan penyeimbang rasa kuah yang kuat.

Baca juga: ShopeePay Gandeng Indomaret Perluas Jangkauan Pembayaran Digital

5. Bandeng Kuah Kuning

Bandeng Kuah Kuning
Sumber: Cookpad.com

Dekat dengan pesisir pantai, masyarakat Papua senang sekali mengkonsumsi makanan laut hasil tangkapannya dan menyajikannya dengan lezat. Salah satu yang terkenal adalah bandeng kuah kuning. Warna kuning kuah didapatkan dari kunyit, kemudian dilengkapi dengan cabai merah, bawang dan tomat untuk rasa yang lezat. Tidak jarang, hidangan ini dimakan dengan papeda sebagai makanan pokok masyarakat timur.

Adakah salah satu menu yang jadi kesukaanmu dan mengingatkanmu akan kampung halaman? Saat ini, sudah ada banyak video tutorial berisi resep hingga cara memasak hidangan tersebut di internet dan media sosial. Siapa tahu, memasak makanan favorit dari kota asalmu dapat mengobati kerinduan akan kampung halaman.

Bahan masakan bisa dengan mudah didapatkan di Alfamart, Alfamidi, Hypermart atau Superindo. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan metode pembayaran digital, seperti ShopeePay untuk transaksi aman dan nyaman, serta mendapat berbagai promo menarik.

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.