Tutup Iklan

Ditinjau Jokowi, Kawasan Industri Batang Mulai Dibangun Pabrik di Bulan Mei

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kawasan Industri Batang di Jateng dan menyebut akan ada pabrik industri kaca terbesar se-Asia Tenggara.

Ditinjau Jokowi, Kawasan Industri Batang Mulai Dibangun Pabrik di Bulan Mei Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (mengenakan batik), mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Kawasan Industri Batang, Rabu (21/4/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, BATANG – Kawasan Industri Batang di Jawa Tengah (Jateng) akan segera beroperasi. Bahkan, pabrik pertama akan dibangun di kawasan tersebut pada Mei 2021 nanti.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau Kawasan Industri Batang, Rabu (21/4/2021).

Dalam kunjungan itu, Jokowi tiba di kawasan industri itu sekitar pukul 13.30 WIB. Ia datang ditemani Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono; Kepala BKPM, Kepala PTN, Bupati Batang, Wihaji; dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Baca juga: Disebut Jadi Kampus Jozeph Paul Zhang, UKSW Salatiga Buka Suara

“Ini adalah kawasan industri besar di Batang dengan luas 4300 hektare. Sekarang yang sudah siap dan hampir selesai sebanyak 450 hektare,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pada Mei nanti akan ada peletakan batu pertama pembangunan perusahaan industri kaca di kawasan itu. Industri kaca yang dibangun merupakan terbesar se-Asia Tenggara.

Setelah itu, pada Juni, Juli, dan seterusnya akan dibangun perusahaan lain. “Semoga ini akan menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya dan bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional kita,” imbuhnya.

Jokowi sendiri akan rutin mengecek kawasan industri ini. Menurutnya, kawasan industri ini akan jadi percontohan pembangunan kawasan industri di daerah lain.

“Ini akan kami jadikan contoh untuk nanti kawasan industri yang lain, baik di Jawa maupun luar Jawa,” pungkasnya.

Pabrik LG

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan progres pembangunan Kawasan Industri Batang sangat bagus. Presiden Jokowi lanjut dia senang dengan progres tersebut.

“Dalam waktu sembilan bulan, sudah ada 450-an zona. Sudah ada investor mau masuk termasuk Mei besok groundbreaking pabrik kaca dan LG. Tentu kami di daerah akan mendukung penuh,” katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi Kunjungi Semarang, Cek Vaksinasi Ulama

Kawasan Industri Batang lanjut Ganjar menjadi harapan pertumbuhan ekonomi Jateng. Sebab nantinya, kawasan itu akan diisi oleh perusahaan-perusahaan berkelas ekspor.

“Tentu ini opportunity bagi pertumbuhan ekonomi Jateng. Tentu kami berterima kasih kepada Presiden yang memiliki perhatian penuh soal ini, termasuk BKPM, PUPR dan lainnya,” jelasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.