Ganjar Sebut Jateng Masih Aman dari Covid-19

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyebut wilayahnya masih aman dari penyebaran virus corona atau Covid-19.

Ganjar Sebut Jateng Masih Aman dari Covid-19 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau ruang isolasi penderita virus corona di RSUD Tugurejo, Semarang, Kamis (12/3/2020). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengklaim wilayahnya masih aman dari penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kendati demikian, ia tetap meminta jajarannya untuk meningkatkan pengawasan, menyusul semakin meningkatnya jumlah pasien virus corona di Indonesia.

Upaya pengawasan itu dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dengan menyiagakan 13 rumah sakit untuk menangani suspect virus corona. Salah satunya adalah RSUD Tugurejo di Kota Semarang.

“Ada 13 rumah sakit di Jateng yang kami siapkan untuk menangani virus corona ini. Beberapa sudah saya cek, termasuk RSUD Tugurejo. Alhamdulillah semua siap,” ujar Ganjar, Kamis (12/3/2020).

Ini Data Penyebaran Demam Berdarah di Jateng, Cilacap Terbanyak

Ganjar menegaskan sejauh ini belum ditemukan pasien positif virus corona di Jateng. Beberapa pasien yang sebelumnya dirawat karena diduga terjangkit Covid-19, kini dinyatakan telah sembuh dan kembali ke rumah.

“Belum ada yang positif. Sampai hari ini saya pantau, belum ada. Kadinkes [Kepala Dinas Kesehatan Jateng] setiap hari lapor perkembangannya. Bahkan pasien yang sebelumnya dirawat di RSUP dr. Kariadi sekarang sudah pulang. Hari ini dilaporkan ada satu pasien yang masuk karena batuk pilek,” tutur Ganjar.

Di beberapa rumah sakit yang disiapkan, Ganjar memastikan semua telah memenuhi standar sebagai rumah sakit rujukan. Ruang isolasi, peralatan hingga tenaga medis semua siap. Bahkan, simulasi penanganan kasus virus corona juga sudah dilakukan.

Covid-19 Ancam Bangkrutkan 8 Perusahaan di Jateng

Selain memastikan ketersediaan ruang isolasi, tenaga medis dan lainnya, Ganjar juga memastikan ketersediaan perlengkapan pendukung. Pihaknya sudah berupaya mencari pabrik masker dan pabrik alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan.

“Sudah kita cari di mana pabriknya, agar ketersediaan sarana penunjang itu aman di Jateng. BPBD juga kami siagakan untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.