Ini Tips Puasa saat Masa Pandemi Covid-19 ala Dinkes Jateng

Kepala Dinas Kesehatan Jateng, dr. Yulianto Prabowo, membagikan tips agar badan tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa di masa pandemi Covid-19.

Ini Tips Puasa saat Masa Pandemi Covid-19 ala Dinkes Jateng Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG —  Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah (Jateng) memberikan tips menjalankan ibadah puasa saat masa pandemi Covid-19 atau virus corona masih berlangsung.

Hal ini menyusul situasi masyarakat Indonesia, tak terkecuali di Jateng yang tengah dihadapkan pada situasi yang luar biasa pada bulan puasa tahun ini.  Hal itu menyusul situasi global yang masih dilanda pandemi virus corona atau Covid-19.

Kendati demikian, wabah virus corona yang masih mengguncang bukan alasan bagi kita untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Nah, agar tubuh tetap fit, Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, pun bersedia membagikan tips menjalani ibadah puasa saat masa pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Selain Semarang, 2 Daerah Jateng Ini Juga Zona Merah Covid-19

Agar tubuh tetap bugar selama menjalani ibadah puasa dan tetap terhindar dari penularan Covid-19, Yulianto pun menyarankan agar kita senantiasa menjaga asupan gizi yang seimbang.

“Hendaknya makan seperti buah dan sayuran. Usahakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Warnanya yang kuning seperti pisang dan jeruk, karena akan memenuhi kebutuhan vitamin dan imunitas dalam tubuh,” ujar Yulianto.

Selain makanan yang bergizi, Yulianto pun menyarankan agar menjaga stamina dengan melakukan aktivitas fisik. Berolahraga ringan, menurutnya sangat dianjurkan meski tengah berpuasa.

Berjemur

“Aktivitas seperti jalan-jalan atau lari-lari kecil di depan rumah. Juga tak kalah penting berjemur antara pukul 09.00 -10.00 WIB, untuk mempercepat metabolisme vitamin D dalam tubuh,” imbuhnya.

Nasi Babat Gongso Pak Karmin, Satu Lagi Karya Kuliner Legendaris Semarang

Tak lupa, Yulianto menyarankan untuk tetap mengenakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah. Hal itu dilakukan guna mencegah penularan virus corona melalui droplet atau cairan tubuh.

Kendati demikian, Yulianto juga menyarankan agar sebaiknya selama bulan puasa mengurangi kegiatan di luar rumah, sebagai upaya memutus rantai persebaran Covid-19.

“Dan yang paling penting selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat [PHBS]. Semoga kita diberi kelancaran dalam berpuasa dan dihindari dari penularan virus corona. Selamat berpuasa!,” jelas Yulianto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.