Izin BPOM Keluar, Jateng Mulai Vaksinasi 14 Januari

Pemprov Jateng siap melakukan vaksinasi Covid-19 mulai 14 Januari 2021, menyusul keluarnya izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Izin BPOM Keluar, Jateng Mulai Vaksinasi 14 Januari Ilustrasi vaksin Covid-19. (Solopos.com-Freepik.com)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada Kamis (14/1/2021). Vaksinasi akan dilakukan kali pertama kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Kepastian vaksinasi di Jateng pada pekan ini itu disampaikan Gubernur Ganjar setelah mendapat informasi keluarnya izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Senin (11/1/2021) petang.

BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin Sinovac asal perusahaan China. Terkait hal itu, Ganjar pun menyatakan segera mendistribusikan vaksin ke kabupaten/kota di Jateng.

Gubernur Ganjar Jadi yang Pertama Dapat Vaksin Covid-19 di Jateng

“Kami sudah siap semuanya. Jadi begitu BPOM mengeluarkan izin, maka Dinkes tinggal menyebarkan. Sebenarnya rantai dingin sampai ke tingkat puskesmas di Jateng sudah siap semua,” tutur Ganjar di rumah dinasnya, Senin (11/1/2021).

Sebanyak 62.560 vaksin Covid-19 telah sampai di Semarang, Jateng pada Senin (4/1/2021). Sejak saat itu vaksin disimpan di gudang milik Dinkes Jateng.

Vaksin tidak langsung didistribusikan ke daerah karena masih menunggu izin penggunaan dari BPOM.

“Kita tinggal men-deliver saja, kemarin kita hanya menunggu izin BPOM karena kalau terlanjur dikasih ke sana [kabupaten/kota] terus sampai sana masih belum ada izin. Kita khawatirkan perawatannya nanti berbeda. Jadi kita simpan dulu di sini karena peralatan bagus. Begitu izin keluar maka langsung siapkan [pendistribusian],” ujarnya.

Sertifikasi Halal

Berdasarkan arahan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, MUI sudah memberikan sertifikasi halal dan BPOM juga sudah memberikan izin penggunaan vaksin Covid-19. Maka dari itu setiap daerah harus menyiapkan tempat vaksinasi dan vaksinator untuk mulai mulai menyuntikkan vaksin pada hari Kamis  atau Jumat (15/1/2021).

Duh, Sudah 33 Polisi di Jateng Meninggal Dunia Akibat Covid-19

“Arahan Menteri Kesehatan tadi sudah sangat jelas agar kita menyiapkan untuk vaksinasi. Tanggal 13 Januari Presiden. Diharapkan Gubernur dan seluruh forkompimda termasuk para dokter dan perawat (nakes), kemudian tokoh agama dan tokoh masyarakat pertama di tanggal 14 Januari. Kita sudah siapkan secara teknis,” kata Ganjar.

“Tanggal 14 itu sudah siap suntik. Vaksinator sudah siap semuanya,” pungkasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.