Jangan Dipendam, Ini Tiga Cara Positif untuk Meluapkan Perasaan

Jangan anggap remeh setiap perasaan yang kamu rasakan, tapi luapkanlan dengan hal-hal positif. Kamu bisa berkonsultasi secara online dengan tenaga psikolog profesional yang sudah bersertifikasi.

Jangan Dipendam, Ini Tiga Cara Positif untuk Meluapkan Perasaan Ilustrasi (istimewa)

Semarangpos.com, JAKARTA — Banyak orang tidak menyadari jika memendam perasaan atau emosi akan menimbulkan dampak negatif, tidak hanya pada pikiran namun juga pada kesehatan fisik. Mulai dari mengurangi sistem kekebalan tubuh, memicu timbulnya penyakit kronis, dan masih banyak lagi.

Alih-alih membuat hati jadi lega, kebiasaan memendam perasaan tidak akan membuat perasaan itu hilang, justru malah akan membuatnya semakin tumbuh dan membebani pikiran. Namun, saat sedang kalut dalam emosi, terkadang kita menjadi bingung, kehilangan arah, tidak tahu harus berbuat apa dan tidak jarang malah memutuskan untuk memendamnya seorang diri.

Secara umum, memendam emosi adalah suatu kondisi ketika pikiran kita berusaha untuk menghindari, tidak mengakui, atau tidak dapat mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat, baik secara disadari ataupun tidak disadari. Beberapa emosi yang seringkali dipendam antara lain adalah kemarahan, frustrasi, kesedihan, ketakutan, dan kekecewaan.

Baca juga: Berbeda Rasa hingga Bentuk, Ini 4 Tipe Pizza yang Jarang Diketahui Orang Banyak

“Marah, sedih, takut, kecewa, dan perasaan lain pada dasarnya merupakan bentuk emosi yang normal dialami oleh setiap manusia. Meski normal, emosi tersebut sebaiknya disalurkan agar tidak menumpuk di dalam batin. Namun, diperlukan cara yang tepat agar perasaan tersebut bisa benar-benar tersalurkan dengan baik dan positif,” kata Farah Djalal, CEO dan CoFounder HatiPlong, dalam rilis, Selasa (16/11/2021).

curhat hatiplong
Ilustrasi (istimewa)

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk bisa belajar meluapkan perasaan:

1. Jujur dan Berdamai dengan Diri Sendiri

Alih-alih dipendam dan diabaikan, cobalah bertanya pada diri sendiri mengenai perasaan yang sedang kamu rasakan dan apa yang menyebabkan kamu merasa seperti itu. Jangan menyembunyikan dan mengelakkan perasaanmu sendiri, cobalah untuk jujur dan menerima diri dengan lapang dada. Hal ini penting karena kamu perlu benar-benar memahami perasaanmu sendiri sebelum akhirnya mencari tahu solusi terbaik untuk meluapkannya.

Baca juga: ShopeePay dan Bibit.id Ajak Generasi Muda Wujudkan Kebebasan Finansial

2. Memanfaatkan Hobi atau Bidang yang Disukai

Setelah memahami perasaan diri sendiri, kamu bisa mencoba mencari cara terbaik untuk melepaskannya. Jika kamu enggan untuk menceritakan perasaanmu kepada orang lain, satu cara yang bisa menjadi pilihan adalah dengan melakukan hobi atau bidang yang kamu sukai, seperti mendengarkan lagu yang sesuai dengan kata hati, melukis, menulis, dan lain sebagainya.

3. Cerita Kepada Orang yang Kamu Percayai

Selain melakukan hobi, bercerita kepada orang lain yang kamu percaya juga bisa membantumu menerjemahkan perasaan terpendam. Mungkin sebagian dari kamu merasa malu atau takut malah membebani orang lain dengan keluh kesah dan ceritamu. Atau bahkan kamu merasa bahwa kamu membutuhkan saran profesional untuk mengatasi perasaanmu. Jika demikian, kamu bisa bercerita dan berkonsultasi pada psikolog.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, kamu bisa berkonsultasi dengan tenaga profesional psikolog dengan mudah secara online. Jadi, kapan pun kamu merasa membutuhkan teman bicara atau saran atas apa yang kamu rasakan, kamu bisa langsung membuka aplikasi konsultasi seperti HatiPlong dari rumah.

Baca juga: 5 Kebiasaan Unik Orang Indonesia di Malam Hari, Mana yang Sering Kamu Lakukan?

“Berangkat dari visi dan semangat untuk meningkatkan standar kualitas dan memperbaiki stigma tentang kesehatan mental, HatiPlong hadir sebagai teman yang akan membantumu untuk tetap sehat secara mental. Kami berupaya untuk memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan agar masyarakat semakin merasa nyaman dan aman saat berkonsultasi dengan psikolog secara online, salah satunya adalah dengan menyediakan promo cashback hingga 100% dengan ShopeePay,” beber Farah Djalal.

Yuk, mulai apresiasi diri dan jaga kesehatan mentalmu. Jangan anggap remeh setiap perasaan yang kamu rasakan, tapi luapkanlan dengan hal-hal positif. Kamu bisa berkonsultasi secara online dengan tenaga psikolog profesional yang sudah bersertifikasi.

Jangan lupa untuk menikmati cashback hingga 100% untuk setiap transaksi menggunakan ShopeePay di HatiPlong selama periode ShopeePay Super Online Deals tanggal 15-21 November ini.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.