Tutup Iklan

Jateng Siapkan Percepatan, Vaksinasi Tahap Pertama Ditarget Rampung 25 Januari

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng menargetkan proses vaksinasi tahap pertama akan selesai pada 25 Januari 2021.

Jateng Siapkan Percepatan, Vaksinasi Tahap Pertama Ditarget Rampung 25 Januari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat memimpin Rapat Desain Percepatan Vaksiinasi di Jateng di kantornya, Rabu (20/1/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), menargetkan proses vaksinasi tahap pertama di Jateng bisa selesai pada pekan depan atau Senin (25/1/2021).

Untuk memenuhi target itu, Ganjar pun menggagas adanya penambahan tenaga vaksinator dan perbaikan sistem vaksinasi.

Hal tersebut disampaikan Ganjar seusai menggelar Rapat Desain Percepatan Vaksinasi Jateng di kantornya, Rabu (20/1/2021).

Kapal Penarik Terbalik di Pemalang, 6 ABK Masih Hilang

“Setelah melihat di lapangan kemarin, Jateng berinisiatif melakukan percepatan [vaksinasi]. Maka, kalau kapasitas puskesmas hanya 45 [suntik vaksin] padahal bisa ditingkatkan. Sayang kalau tidak dipercepat. Yang kedua, kapasitas rumah sakit besar juga akan dioptimalkan,” ujar Ganjar.

Ganjar menambahkan juga telah meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng untuk penambahan tenaga vaksinator. Apalagi, menurutnya menjadi tenaga vaksinator tidaklah sulit.

“Maka sekarang tenaga-tenaga yang mesti disiapkan para vaksinator kita lakukan penambahan. Ternyata tidak sulit menyuntikan vaksin, sehingga seluruh kapasitasnya akan kita siapkan,” imbuhnya.

Ganjar juga menyatakan telah berkomunikasi dengan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, terkait pengiriman vaksin tahap kedua. Hal ini berkaitan dengan penyusunan jadwal untuk percepatan vaksinasi.

13.000 Sasaran

Tak hanya itu, Jateng juga akan mengusulkan tambahan sebanyak kurang lebih 13.000 penerima vaksin yang masuk dalam kategori SDM Kesehatan, atau orang-orang yang bekerja di lingkungan rumah sakit dan fasilitas kesehatan.

“Ternyata di Jateng tidak hanya nakes, sekarang kita naik pada SDM Kesehatan. Maka seluruh orang yang bekerja di rumah sakit dan faskes mesti divaksin. Artinya ada kurang lebih 13.000-an SDM Kesehatan yang belum terdaftar. Maka kita usulkan adanya penambahan,” ujar Ganjar.

Viral! Bupati Pati Tak Pakai Masker Saat Hadiri Hajatan, Ini Respons Gubernur Ganjar

Sejak 14 Januari 2021, Jateng sudah memulai vaksinasi tahap pertama. Ada sekitar 62.560 dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac yang didistribusikan untuk sekitar 31.000 tenaga kesehatan di tiga kabupaten/kota yakni Kota Semarang, Kabbupaten Semarang, dan Kota Solo.

Proses vaksinasi tahap pertama ini ditarget selesai 25 Januari nanti. Sementara, proses vaksinasi tahap kedua direncanakan mulai digelar 28 Januari-3 Februari mendatang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.