Kementerian LHK Gelar Tanam Pohon Serentak, Tanam 2.000 Bibit di Lahan 10 Ha

Lokasi penanaman seluas 10 hektar (ha) dengan arahan kegiatan penghijauan lingkungan dan perlindungan daerah rawan longsor serta sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

Kementerian LHK Gelar Tanam Pohon Serentak, Tanam 2.000 Bibit di Lahan 10 Ha Serangkaian acara penanaman pohon serentak yang diadakan di Dusun Mangli Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (14/1/2024). (Istimewa)

Semarangpos.com, KARANGANYAR — BPDAS Solo selaku Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan masyarakat Desa Gempolan menggelar rangkaian program penanaman pohon serentak se-Indonesia.

Penanaman pohon serentak diadakan di Dusun Mangli Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (14/1/2024).

Lokasi penanaman seluas 10 hektar (ha) dengan arahan kegiatan penghijauan lingkungan dan perlindungan daerah rawan longsor serta sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

Jumlah bibit ditanam pada kegiatan ini sebanyak 2.000 batang, di antaranya bibit Durian, Alpukat, Petai, Sengon. Bibit pohon yang ditanam berasal dari Persemaian Permanen BPDAS Solo.

Acara penanaman ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Prof. Dr. Satyawan Pudyatmoko S.Hut., M.Agr.Sc; PJ Bupati Karanganyar Timotius Suryadi, S.Sos., M.Si; dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Assisten Ekonomi dan Pembangunan Dr. Ir Sujarwanto Dwiatmoko M.Si..

Hadir pula Sekretaris Direktorat Jenderal PDASRH KLHK Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE KLHK, Kepala Unit Pelaksana Teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Forkompinda Provinisi Jawa Tengah, Muspida Kabupaten Karanganyar, Muspika
Kecamatan Kerjo dan tokoh masyarakat.

Selain para pejabat setempat, acara juga dihadiri aktivis lingkungan di wilayah Kabupaten Karanganyar, siswa dan santri serta generasi muda di lingkup Kecamatan Kerjo.

Penanaman Pohon
Serangkaian acara penanaman pohon serentak yang diadakan di Dusun Mangli Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (14/1/2024). (Istimewa)

Penanaman pohon serentak kali ini berlangsung dengan dihadiri oleh peserta sejumlah 600 orang.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan penanaman pohon yang telah dilakukan pada tanggal 30 Desember 2023 yang lalu sekaligus melaksanakan arahan Presiden Republik Indonesia untuk terus melakukan penanaman di sepanjang musim penghujan 2023/2024.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengagendakan penanaman lanjutan pada bulan Februari, Maret, dan April 2024 di seluruh Indonesia.

Hal ini merupakan langkah nyata untuk terus melakukan penanaman pohon bersama seluruh elemen Masyarakat di seluruh wilayah Indonesia sepanjang musim penghujan.

Kegiatan penanaman pohon serentak merupakan kepedulian terhadap lingkungan dan langkah nyata untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi generasi mendatang.

Penanaman pohon serentak melibatkan berbagai stakeholder merupakan langkah konkret dengan mengedepankan kolaborasi dan semangat kerja sama semua pihak melalui kegiatan menanam, memelihara pohon dan menjaga ekosistem sungai ini adalah bagian dari kewajiban bersama untuk melindungi dan merawat bumi yang lebih baik dan sehat.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.