Ketua DPRD Jateng Ingin DKJT Diaktifkan Lagi

Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto meminta Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) diaktifkan kembali demi pengembangan kesenian di daerah setempat.

Ketua DPRD Jateng Ingin DKJT Diaktifkan Lagi Ketua DPRD Jawa Tengah (Jateng) Bambang Kusriyanto. (Antara-Wisnu A.N.)

Semarangpos.com, SEMARANG — Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto meminta keberadaan Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) yang selama ini vakum berkegiatan diaktifkan kembali. Langkah itu dinilainya strategis dalam upaya pengembangan kesenian di daerah ini.

“Keberadaan DKJT yang mati suri membuat kesenian di Jateng kurang berkembang. Padahal jika dihidupkan, maka pertunjukan-pertunjukan seni akan semakin banyak digelar dan tertata rapi,” katanya di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/3/2020).

Pria yang akrab disapa Bambang Kribo ini menyebut berbagai kelompok kesenian terkesan jalan sendiri-sendiri akibat tidak aktifnya DKJT. “Keberadaan DKJT bisa menyerap APBD untuk berkegiatan, tapi di Jateng saya lihat malah lama vakum sehingga iklim kesenian tidak hidup,” ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah Dandan Ala Atta Halilintar, Begini Hasilnya…

Politikus PDI Perjuangan itu menilai mengembangkan kesenian dan kebudayaan tidak cukup hanya dilakukan aparatur sipil negara. Selama ini, ASN Jateng diwajibkan memakai baju adat setiap Kamis dan memasang aksara Jawa di gerbang depan kantor Pemprov Jateng.

Menurut dia,pembinaan terhadap kelestarian seni dan budaya menjadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. “Pemprov Jateng, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembinaan terhadap keberadaan DKJT,” katanya.

Selain itu, Pemprov Jateng wajib memfasilitasi DKJT karena menjadi wadah berkiprahnya para pelaku seni dan budaya di Jawa Tengah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.