Kunjungi IKN Nusantara, Dirut Telkom Siapkan Layanan Digital Kelas Dunia

Saat ini cakupan infrastruktur jaringan Telkom di sekitar wilayah IKN Nusantara, tepatnya di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara tercatat telah memiliki 173 ODP.

Kunjungi IKN Nusantara, Dirut Telkom Siapkan Layanan Digital Kelas Dunia Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah) meninjau kesiapan infrastruktur layanan Telkom Group di titik nol IKN Nusantara, Selasa (2/3/2022).

Semarangpos.com, JAKARTA — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan akan mendukung penuh penyediaan infrastruktur dan layanan digital di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dengan fokus pada penyediaan konektivitas, platform hingga beragam layanan digital, Telkom Group mendukung IKN Nusantara menjadi smart city yang modern.

“Sejalan dengan pemerintah dalam menetapkan konsep IKN Nusantara sebagai smart city, peran Telkom dalam menghadirkan tranformasi digital sangatlah penting. Ada berbagai peluang dan tantangan yang harus dihadapi,” ungkap Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam kunjungannya meninjau kesiapan infrastruktur layanan Telkom Group di IKN Nusantara pada Selasa (2/3/2022), didampingi Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko.

Baca Juga: Bersama Konsorsium SEA-ME-WE 6, Telkom Bangun Konstruksi Kabel Laut Internasional

“Tentunya ini menjadi tugas besar sekaligus kebanggaan bagi Telkom Group dapat turut serta mendukung digitalisasi smart city di IKN Nusantara. Rencana pembangunan tersebut mencakup dari tiga domain bisnis digital [connectivity, platform, dan services] yang bersinergi dengan seluruh anak perusahaan dan juga pemerintah,” kata Ririek.

Saat ini cakupan infrastruktur jaringan Telkom di sekitar wilayah IKN Nusantara, tepatnya di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara tercatat telah memiliki 173 ODP dan sangat memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut.

Ditambah, kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG) Manado-Dumai yang melintasi sepanjang Selat Makassar menjadikan IKN Nusantara terkoneksi global langsung yang disiapkan melalui gateway Batam dan Manado.

Sementara itu pada layanan mobile Telkomsel, untuk perluasan cakupan, penambahan kapasitas, serta peningkatan kualitas jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN Nusantara akan terus dimaksimalkan.

Baca Juga: Dukung Pengembangan Bisnis Data Center Telkom Group, Begini Komentar Komisi VI DPR

Selain menyediakan layanan konektivitas terbaik, Telkom Group juga akan menghadirkan solusi digital terbaik melalui pembangunan Intelligent Data Center dengan Smart & Intelligent Network Security sehingga mendorong terwujudnya IKN Nusantara menjadi smart city dengan layanan digital terbaik dan tingkat keamanan siber yang tinggi.

“Untuk memastikan realisasi seluruh rencana pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dapat optimal dan sesuai dengan yang ditargetkan, Telkom Group akan berkolaborasi dengan PUPR dan Kominfo serta lembaga atau instansi terkait. Semoga upaya dan semangat kolaborasi semua pihak dapat mendorong digitalisasi sehingga hadirnya IKN Nusantara sebagai smart city nanti dapat menjadi wajah baru untuk Indonesia yang lebih baik,” tutup Ririek.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.