Lakukan Overhaul 22 Hari, PT Semen Gresik Pabrik Rembang Zero Accident

Selama melakukan overhaul major atau pemeriksaan total pada 2022 ini, PT Semen Gresik (PTSG) Pabrik Rembang berhasil mencatatkan zero major accident.

Lakukan Overhaul 22 Hari, PT Semen Gresik Pabrik Rembang Zero Accident Karyawan PTSG melakukan supervisi di Area Packer untuk memastikan proses pengemasan semen sesuai dengan SOP. (Istimewa)

Semarangpos.com, SEMARANG-Selama melakukan overhaul major atau pemeriksaan total pada 2022 ini, PT Semen Gresik (PTSG) Pabrik Rembang berhasil mencatatkan  zero major accident dan nihil kasus terkonfirmasi Covid-19. Kegiatan ini berlangsung selama 22 hari hingga akhir April 2022 lalu.

Keberhasilan mencatatkan zero accident dan nol kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini lantaran perusahaan persemenan yang memiliki teknologi termutakhir dengan kapasitas produksi 3 juta ton/tahun ini menerapkan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta protokol kesehatan ketat.

Senior Manajer Komunikasi dan CSR PTSG Dharma Sunyata menandaskan overhaul Semen Gresik Pabrik Rembang bertujuan mengembalikan dan mempertahankan performa peralatan pabrik sehingga mampu menjaga efisiensi dan availability (keandalan). Selain itu, sebagai bentuk tanggung jawab untuk tetap menstabilkan total kapasitas produksi dan mutu penjualan.

Baca Juga: Dorong Sinergitas dan Kinerja Unggul Karyawan, Semen Gresik Gelar Halalbihalal 1443 H

“Overhaul dilakukan setahun sekali, sesuai dengan jadwal pemeliharaan mesin secara terencana. Pabrik membutuhkan pemeriksaan menyeluruh secara berkala. Overhaul juga berguna menyelesaikan abnormalitas peralatan melalui perbaikan atau penggantian spare part yang terindikasi rusak,” kata Dharma dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com pada Senin (23/5/2022).

Lebih lanjut Dharma menjelaskan kegiatan tersebut meliputi perbaikan menyeluruh di semua peralatan pabrik, seperti penggantian brick di kiln, penggantian castable, rekondisi rawmill, rekondisi coal mill, rekondisi cooler, rekondisi crusher, dan lain-lain.

Menurut dia, keberhasilan menciptakan zero accident selama pemeriksaan total tak lepas dari komitmen teguh perusahaan terhadap kaidah pemenuhan K3. Kepatuhan itu meliputi identifikasi potensi bahaya di setiap area pekerjaan disertai mitigasinya, dan penerapan program safety talk dan safety meeting secara rutin.

Baca Juga: Semen Gresik Raih Dua Penghargaan TOP CSR Awards 2022

”Kami intens mengkampanyekan K3 kepada pekerja dan unit kerja melalui beberapa program Kejar K3 dan K3 Corner,” tambahnya.

Dharma menegaskan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas overhaul yang melibatkan lebih dari 1.200 tenaga kerja. Aturan ini diberlakukan baik untuk karyawan, vendor penyedia jasa maupun barang, tamu dan semua yang memasuki area kerja perusahaan. Seluruh personel yang akan memasuki area, harus melakukan scaning/check in PeduliLindungi, dan baru diizinkan masuk bila warna hijau (vaksin lengkap 1 dan 2).

overhaul semen gresik
Kegiatan Safety Talk sebelum pelaksanaan kegiatan sebagai komitmen perusahaan dalam pemenuhan K3. (Istimewa)

Saat melakukan overhaul, pihaknya juga mengajukan permohonan rekomendasi kepada Ketua Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rembang terkait kegiatan pemeriksaan total tersebut.

”Mengacu rekomendasi ini, kami mewajibkan seluruh pekerja termasuk vendor untuk melakukan swab antigen, dan skrining saat masuk lokasi. Kami juga mengadakan pengawasan dengan melibatkan Safety Officer maupun dari Safety Volunteer yang dibentuk dari perwakilan beberapa Unit Kerja,” beber Dharma.

PT Semen Gresik (SG) adalah salah satu anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG yang berdiri pada 10 Januari 2014. Memiliki pabrik yang berlokasi di Rembang, Jawa Tengah, SG telah dipercaya dalam menyediakan produk semen yang berkualitas tinggi yang dihasilkan dari proses produksi dengan teknologi mutakhir serta ramah lingkungan.

Baca Juga:  Semen Gresik Raih Penghargaan Kementerian BUMN berkat Integrated Farming

Sebagai produk seratus persen asli Indonesia, SG turut berkontribusi membangun negeri dengan berbagai mahakarya kelas dunia yang menjadi bukti nyata kekokohan produknya bagi jutaan keluarga dan pelanggan secara luas di Indonesia.

SG selalu siap untuk memberikan pelayanan terbaik, mulai dari inovasi teknologi berkelanjutan, hingga komitmen kami dalam melestarikan lingkungan dan bersinergi dengan masyarakat sekitar. Prinsip Triple Bottom Line: People, Profit, dan Planet menjadi nilai bersama antara perusahaan dengan masyarakat.

Dengan memberikan nilai tambah yang berkesinambungan bagi para pemangku kepentingan, melalui budaya kerja keras dan semangat inovasi segenap elemen perusahaan, Semen Gresik telah menjadi pemain utama dalam industri persemenan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di kancah regional.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.