Mantul! Sambal Asal Semarang Ini Dijual ke Lima Negara

Sambal buatan warga Kota Semarang, Sulistyarini, tak hanya laku di dalam negeri, tapi juga tembus pasar mancanegara hingga ke Dubai.

Mantul! Sambal Asal Semarang Ini Dijual ke Lima Negara Sambal Tok buatan Bu Ririn warga Kota Semarang (suara.com/Dafi Yusuf)

Semarangpos.com, SEMARANG — Sulistyarini sebelumnya tak pernah menyangka jika sambal buatannya mampu menembus pasar mancanegara. Bahkan, sambal buatannya perempuan asal Kota Semarang ini laku di pasaran Inggris, Hongkong, Singapura, Dubai (Uni Emirate Arab) hingga Jeddah di Arab Saudi.

Sambal buatan perempuan asal Semarang ini diberi nama “Sambal Tok”. Nama itu diambil dari nama sang suami, Totok.

Sulistiyarini bahkan sudah melakukan kerja sama dengan Indoonesia Trade Promotion Center (ITPC) Dubai untuk memasarkan sambalnya di Dubai.

Baca juga: Sambangi Saloka, Menparekraf Sandiaga Uno Saksikan Baru Klinthing Show

“Sampai saat ini Sambal Tok sudah bisa dibeli di minimarket Dubai,” jelasnya saat ditemui di Kota Lama Semarang, Senin (5/4/2021).

Meski saat ini masih ekspor dalam kapasitas terbatas tetapi dia bangga karena produk sambal UMKM asal Semarang ini berkualitas. Sambal rumahan itu juga tidak dipandang rendahan dan bisa bersaing dengan produk-produk pabrikan.

“Sambal buatan saya juga bisa diadu dengan sambal-sambal pabrikan,” ujarnya.

Selain menjual secara offline, dia juga menjual produknya melalui e-commerce seperti Shoppe dan Tokopedia. Ia juga memasarkan sambal tersebut melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram bisnis.

“Pemasaran digital kami ramainya di Facebook. Pernah dapat orderan sampai 10.000 botol,” ungkapnya.

Sambal Tok buatannya bisa bertahan hingga berbulan-bulan meski tanpa bahan pengawet. Maksimal, sambal buatannya mampu bertahan hingga 6 bulan.

“Kita tanpa pengawet, bisa diamankan sampai 6 bulan. Bahan kita adalah bahan-bahan pilihan,” imbuhnya.

Baca juga: Ini Kuliner Paling Banyak Dipesan Warga Kota Semarang saat Pandemi Covid-19…

Untuk warga Kota Semarang, tak perlu khawatir. Sambal Tok juga sudah tersedia di beberapa toko oleh-oleh yang ada di Kota Semarang.

“Jadi untuk warga Semarang dan warga luar yang berwisata bisa kunjungi ke toko oleh-oleh,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.