Menutup Tahun 2021, ShopeePay Semangat UMKM Lokal Dorong Pemulihan UMKM dan Ekonomi Denpasar

Melalui program Semangat UMKM Lokal, ShopeePay pun berupaya merangkul lebih banyak UMKM lokal di Denpasar dan seluruh Indonesia untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

Menutup Tahun 2021, ShopeePay Semangat UMKM Lokal Dorong Pemulihan UMKM dan Ekonomi Denpasar Seorang pengunjung sedang melakukan transaksi menggunakan ShopeePay sembari menikmati promo Cashback 60% di sentra kuliner Tiara Dewata. (Istimewa)

Semarangpos.com, DENPASAR — Sebagai langkah konkret dan lanjutan untuk berkontribusi pada pemulihan bisnis UMKM dan ekonomi lokal di penghujung tahun 2021, ShopeePay menghadirkan program Semangat UMKM Lokal di Kota Denpasar dan sekitarnya.

ShopeePay menjadi layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia.

Melalui program ini, ShopeePay mempertegas langkahnya dalam membantu meningkatkan visibilitas UMKM lokal untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan promo Cashback 60% ShopeePay yang diberikan di 14 sentra UMKM favorit di Denpasar dan sekitarnya mulai 12-18 Desember 2021.

Sentra UMKM favorit di Denpasar dan sekitarnya itu yaitu Pujasera Wisata Kuliner, Pujasera Nakula, GarasiFood, Jebak Bali Kuliner, Legian Food Court, Mahendra Kuliner Center, Food Court Republik, MUM Food Market, SAI Food Court, Senggol Nusantara, Silicon Food Park, Syang Pujasera, Pasar Anyar Glogor Carik, dan Tiara Dewata.

Baca Juga: ShopeePay 12.12 Birthday Deals Hadir Rayakan Pencapaian UMKM Sepanjang 2021

Pandemi masih menyisakan kisah perjuangan dan pemulihan bisnis para pelaku UMKM di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Bali yang sejak lama merupakan destinasi liburan wisatawan domestik hingga mancanegara.

Selain bertumpu pada sektor hiburan, Bali yang juga kaya akan bisnis UMKM dari berbagai sektor cukup terdampak dengan signifikan. Berdasarkan data dari Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Bali, S. Donny H. Heatubun, di masa pandemi, sebanyak 2.600 UMKM atau 87,5% UMKM di Bali cukup terdampak.

Meskipun begitu, sekitar 12,5% atau sekitar 370 UMKM dari total UMKM di Bali masih tetap tangguh dan adaptif menghadapi pandemi. Untuk itu, kolaborasi berbagai pihak dibutuhkan guna mendorong pemulihan ekonomi lokal, salah satunya dengan adaptasi dan pemanfaatan teknologi digital.

Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan, “Program Semangat UMKM Lokal sudah kami hadirkan sejak awal 2021 di sembilan kota di Indonesia, tersebar di ratusan merchant sebagai upaya menghadirkan solusi hulu ke hilir bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.”

Baca Juga:  Majukan UMKM Kuliner Medan, Bobby Nasution Gelar Pekan Kuliner

“Di penghujung 2021, kami hadir di Denpasar dan sekitarnya untuk memfasilitasi masyarakat bertransaksi dengan mudah, aman, dan memuaskan di seluruh gerai pemilik usaha agar roda usaha dan ekonomi mereka dapat kembali bergerak. Kami berharap teknologi serta promo cashback spesial 60% yang kami hadirkan di berbagai sentra UMKM di Denpasar dan sekitarnya dapat berkontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi lokal,” kata dia.

Melalui program Semangat UMKM Lokal, ShopeePay pun berupaya merangkul lebih banyak UMKM lokal di Denpasar dan seluruh Indonesia untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

Selain menghadirkan promo cashback spesial 60%, ShopeePay menyiapkan sebuah laman khusus ShopeePay Semangat UMKM Lokal di aplikasi Shopee untuk memberikan visibilitas yang lebih besar bagi pelaku UMKM dari daerah yang telah dikunjungi sebelumnya.

Adaptasi di Tengah Modernisasi dan Pandemi

ShopeePay UMKM Denpasar
Acara Media Gathering Virtual Semangat UMKM Lokal Denpasar yang dihadiri oleh Eka Nilam Dari & I Gusti Putu Bayu Susila dan I Gede Sudiarta (bawah). (Istimewa)

Dalam berbisnis, tantangan pasti akan selalu ada, misalnya keharusan untuk beradaptasi di tengah modernisasi dan juga situasi pandemi. Salah satu usaha lokal yang mengalami hal tersebut ialah Pie Susu Dhian yang sempat mengalami penurunan omzet sebesar 70% selama pandemi.

Baca Juga:  Ini Loh 5 Rekomendasi Alokasi Gaji untuk Kaum First Jobber

Namun, situasi tersebut tidak mengurangi semangat tim sama sekali, justru Pie Susu Dhian dengan cepat dapat beradaptasi dan melakukan berbagai strategi untuk mempertahankan bisnisnya.

I Gede Sudiarta, Manager Operasional Pie Susu Dhian mengatakan, “12 tahun sudah Pie Susu Dhian hadir dan terus bertumbuh hingga kini dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai pilihan oleh-oleh wajib saat berlibur ke Pulau Dewata Bali,” kata dia.

“Pandemi tentunya sempat memberikan pukulan bagi bisnis, namun kami berhasil bangkit. Berbagai upaya dilakukan agar selama pandemi penjualan tetap berjalan, seperti untuk menjamin keamanan transaksi pelanggan di outlet dan cabang, kami mengandalkan transaksi digital menggunakan QRIS dan tentunya adopsi pembayaran digital ShopeePay. Selain itu, kami juga memaksimalkan penjualan online melalui marketplace.”

Upaya mendorong pertumbuhan pelaku UMKM lokal di Bali secara lebih luas, juga datang dari Komunitas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Prov. Bali.

I Gusti Putu Bayu Susila, Pengurus BPD HIPMI Bali menuturkan, “Di tengah kondisi saat ini, yang paling dibutuhkan pemilik usaha adalah dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak. HIPMI pun secara konsisten terus menghadirkan berbagai program untuk membantu pemilik usaha meningkatkan kualitas produk dan kemampuan beradaptasi, salah satunya terhadap teknologi digital,” papar dia.

Baca Juga:  Jessica Mila Beberkan Empat Trik Hemat Perayaan Akhir Tahun dengan Penawaran Terbaik ShopeePay

“Kami berharap inisiatif serupa Semangat UMKM Lokal ini bisa membantu mendukung ekonomi lokal lewat dorongan pada pemilik usaha, khususnya UMKM di Bali.”

Selama program Semangat UMKM Lokal berjalan, turut diperkenalkan juga aplikasi Mitra Shopee sebagai layanan yang dapat membantu para pemilik warung tradisional di Denpasar dan kota lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan produk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, dan produk digital lainnya.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play Store dan segera aktifkan ShopeePay.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.