Pemkab Semarang Gandeng Djarum, Dirikan Sentra Vaksinasi

Upaya Pemerintah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19 mendapat dukungan dari pihak swasta.

Pemkab Semarang Gandeng Djarum, Dirikan Sentra Vaksinasi Bupati Semarang, Ngesti Nugraha (berdiri di tengah), saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Selasa (28/9/2021). (Semarangpos.com-Djarum Foundation)

Semarangpos.com, UNGARAN – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang, Jawa Tengah (Jateng) untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19 mendapat dukungan dari pihak swasta, yakni Djarum Foundation.

Organisasi nirlaba milik kakak beradik. Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono, ini mendirikan sentra vaksinasi dan tim vaksinasi keliling di Kabupaten Semarang, mulai 27 September-19 November 2021.

Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, berharap adanya sentra vaksinasi dan tim vaksinasi keliling akan meningkatkan jumlah warga yang menerima vaksin.

Baca juga: Babak Baru Kasus Korupsi Makelar Tanah Bulog di Grobogan

Dengan demikian, kekebalan komunal di Jateng, khususnya Kabupaten Semarang bisa tercapai. Terlebih lagi, hingga pekan ketiga September 2021, jumlah penduduk Kabupaten Semarang yang menerima vaksin baru mencapai 382.604 orang, atau sekitar 46,05% dari populasi yakni 1.053.786 jiwa.

“Kontribusi berbagai elemen masyarakat, termasuk Djarum Foundation dalam program sentra vaksinasi dan tim vaksin keliling ini diharapkan dapat membantu segera terbentuknya kekebalan komunal. Target kami, kekebalan komunal di Kabupaten Semarang tercapai sebelum akhir 2021,” ujar Ngesti dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Senin (28/9/2021).

Pada program vaksinasi ini, vaksin yang diberikan berjenis Sinovac. Seluruh vaksin berasal dari jatah yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemkab Semarang. Sementara pihak Djarum Foundation menyediakan sarana dan prasarana berupa lokasi penyuntikan vaksin dan logistik untuk tim vaksin keliling.

Baca juga: Percepat Vaksinasi Remaja Agar PTM Aman

Vaksinasi Djarum Foundation

Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto, mengatakan saat ini vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan merupakan cara yang ampuh dalam mengatasi pandemi Covid-19. Oleh karenanya, ia pun berharap masyarakat Kabupaten Semarang mau berpartisipasi secara maksimal dalam menyukseskan program vaksinasi itu.

“Melalui program vaksinasi ini, Djarum Foundation menegaskan dukungan terhadap target pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi dua juta dosis per hari. Tak hanya di Kabupaten Semarang, kami juga akan menyelenggarakan program serupa di wilayah lain seperti Kabupaten Kudus. Harapannya, Indonesia segera mencapai kekebalan komunal,” ujar Budiharto.

Baca juga: Keren! Menteri dan Bupati Bicara Digitalisasi Desa di Webinar AMSI

Budiharto mengatakan program vaksinasi yang digelar Djarum Foundation dan Pemkab Semarang itu dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama berupa sentra vaksinasi yang berlokasi di Gedung Gotong Royong, Ambarawa. Sedangkan sesi kedua berupa vaksinasi keliling ke berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang.

“Melalui program ini kami optimistis target 168.000 dosis vaksin bisa disalurkan ke masyarakat. Dengan kata lain sebanyak 84.000 penduduk Kabupaten Semarang sudah bisa divaksin dosis lengkap dalam kurun waktu September-November,” imbuh Budiharto.

 

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.