Peringati Hari Lingkungan Hidup, Semen Gresik Tanam Puluhan Pohon di Area Reklamasi Tambang

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Semen Gresik menggelar penanaman pohon atau revegetasi di area reklamasi tambang pabrik di Rembang, Selasa (20/6/2023).

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Semen Gresik Tanam Puluhan Pohon di Area Reklamasi Tambang Perwakilan jajaran manajemen dan karyawan PT Semen Gresik meninjau bibit tanaman di area pembibitan pabrik Rembang, (20/6/2023). (Istimewa/PT Semen Gresik).

Semarangpos.com, REMBANG – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Semen Gresik menggelar penanaman pohon atau revegetasi di area reklamasi tambang pabrik di Rembang, Selasa (20/6/2023).

Penanaman puluhan bibit pohon tersebut melibatkan perwakilan dari jajaran manajemen, karyawan, dan perwakilan petani sekitar PT Semen Gresik pabrik Rembang.

Kepala unit Pendukung Produksi PT Semen Gresik, Kuswandi, menuturkan dalam peringatan hari lingkungan hidup se-dunia ini, perusahaan melaksanakan penanaman puluhan bibit tanaman sebagai bentuk nyata komitmen dan kepedulian perusahaan terhadap kelestarian lingkungan.

“Pada kegiatan penanaman kali ini, kami menggunakan metode baru yakni gundukan dan ditambah penggunaan kompos blok yang terdiri dari pupuk kandang, serasah, dan bakteri untuk penguatan kompos sehingga dapat meningkatkan tingkat keberhasilan dan hidup tanaman,” jelasnya.

Baca Juga: Inovasi K3 Sukses, Semen Gresik Sabet Predikat 3 Stars dalam Ajang ICC-OSH 2023

Lanjutnya, rencana pada 2023 ini, PT Semen Gresik akan mereklamasi area pascatambang dengan penanaman 2.938 bibit pohon. “Di mana bibit pohon tersebut berasal dari budi daya di rumah pembibitan PT Semen Gresik,” tandasnya.

Dengan melakukan revegetasi di area pascatambang, harapannya dapat melestarikan ekosistem flora fauna dan juga menjadi kawasan greenbelt atau sabuk hijau di lingkungan Pabrik.

Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan, hingga saat ini PT Semen Gresik telah mereklamasi lahan pascatambang tanah liat seluas 3 hektare dan lahan pascatambang batu gamping seluas 5,5 hektare. Perusahaan juga telah menanam beragam jenis pohon sebanyak 33.610 pohon, di antaranya jati, mahoni, trembesi, sengon, johar, kesambi, sukun, sawo, nangka, mangga, kelengkeng, hingga pohon bambu.

Selain itu, PT Semen Gresik juga melibatkan 361 petani yang berasal dari di enam desa sekitar untuk mengelola 119,25 hektare lahan milik Perusahaan yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi.

Baca Juga: Manfaatkan Limbah Kulit Reptil, UMKM Rembang Binaan Semen Gresik Ini Diapresiasi Menteri BUMN

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.