PLTU Tanjung Jati B Unit 3 Gangguan Teknis, Ledakan Terdengar, Asap Tebal Terlihat

Suara ledakan yang disertai asap tebal didengar dan disaksikan publik di lokasi PLTU Tanjung Jati B Unit 3, Rabu (19/8/2020).

PLTU Tanjung Jati B Unit 3 Gangguan Teknis, Ledakan Terdengar, Asap Tebal Terlihat Proyek pembangunan PLTU Tanjung Jati B 5-6 Jepara. (Murianew-Istimewa)

Semarangpos.com, JEPARA — Suara ledakan yang disertai asap tebal didengar dan disaksikan publik di lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap Tanjung Jati B, Desa Tubanan, Kembang, Jepara. Kejadian di PLTU Tanjung Jati B Unit 3 itu tentu saja menarik perhatian warga yang tinggal di sekitaran lokasi, Rabu (19/8/2020).

Beberapa warga bahkan ada yang mengabadikan kejadian ini dengan rekaman video. Asap tebal mengepul di sekitar lokasi pembangkit.

Ganjar Jadi Orang Pertama di Jateng yang Punya Uang Baru Rp75.000

Begitu tebal asap yang muncul di lokasi PLTU Tanjung Jati B Unit 3 itu sehingga pemandangan tersebut bahkan terlihat dari jarak kurang lebih 4 km dari lokasi proyek.

Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 14.30 WIB ini. Meski demikian baru petang harinya mendapatkan penjelasan dari pihak PLN Pembangkitan Tanjung Jati B.

Gangguan Operasi

Melalui siaran pers, Senior Manajer Produksi di PT PLN Pembangkitan Tanjung Jati, Ahadi menyatakan ada gangguan operasi di PLTU TJB Unit 3. Gangguan operasi ini disebabkan adanya kegagalan fungsi Generator Transformer (Trafo Utama).

Alhasil kejadian itu diklaim menyebabkan PLTU TJB Unit 3 mengalami trip (padam) pada beban sebesar 660 MW.

Cinta Antara Pembantu dan Putri Adipati Jadi Asal-Usul Baturraden

“Tidak ada korban dalam kejadian ini. Penyebab gangguan ini masih dalam proses investigasi. Namun semua murni karena tehnis operasional dan bukan karena sebab yang lain,” ujar Ahadi sebagaimana dikutip laman aneka berita Murianes, Rabu.

Meskipun pembangkit unit 3 mengalami trip karena kejadian ini, untuk pembangkit lainnya tidak terpengaruh. Sejauh ini pembangkit unit 1-2 dan 4 masih beroperasi secara normal. Sedangkan upaya perbaikan di unit 3 dilakukan secepatnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.