Cinta Antara Pembantu dan Putri Adipati Jadi Asal-Usul Baturraden

Baturraden adalah wilayah di lereng Gunung Slamet yang memiliki keindahan alam dan mempunyai asal usul dari kisah percintaan dua insan beda kasta.

Cinta Antara Pembantu dan Putri Adipati Jadi Asal-Usul Baturraden Tangkapan layar dari video unggahan channel Pen History di Youtube, Senin (22/4/2019). (Youtube-Pen History)

Semarangpos.com, PURWOKERTO — Baturraden adalah tempat wisata yang berada di lereng Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya, Batur yang berarti pembantu dan raden artinya bangsawan, asal-usul Baturraden sering dikaitkan dengan kisah cinta antara Suta yang merupakan pembantu dengan seorang putri adipati.

Cerita rakyat yang menjadi asal-usul Baturraden ini disarikan Semarangpos.com, Selasa (4/8/2020), dari unggahan channel Youtube Pen History pada 22 April 2019 silam. Pada zaman dahulu hiduplah Suta yang bekerja sebagai pembantu Adipati Kutaliman. Dia bertugas merawat kuda-kuda dan membersihkan kandang. Pemuda tampan itu mempunyai watak jujur dan pekerja keras.

Pada suatu hari, Suta mendengar suara jeritan ketika sedang berjalan-jalan. Pelakunya adalah perempuan cantik yang dililit oleh ular besar. Wajah gadis itu sudah pucat pasi. Dia juga sudah tak bertenaga. Meskipun kemampuan berpedang Suta tidak begitu bagus, dia tidak ragu untuk menyerang hewan tadi.

Mahasiswa Unnes Adukan Mendikbud Nadiem Makariem ke Komnas HAM, Ada Apa?

Lalu, siapa identitas perempuan yang berhasil ditolong oleh Suta? Ternyata gadis itu merupakan putri dari Adipati Kutaliman.

Selanjutnya, hubungan mereka makin dekat. Tak heran jika dua makhluk berlainan jenis itu memiliki perasaan cinta kepada satu sama lain. Suta pun memutuskan untuk melamar si putri adipati.

Adipati Kutaliman geram. Dia tidak mempermasalahkan jika hubungan kedua orang itu sebatas pertemanan. Namun, bagaimana bisa dia menerima sepasang kekasih berbeda status sosial untuk menikah? Bisa diketahui bahwa harga dirinya begitu tinggi.

Dimasukkan penjara

Adipati pun memasukkan Suta ke penjara berkat kelancangannya. Selain itu, dia tidak memperbolehkan seorang pun untuk memberi makan si tawanan.

Putri adipati sedih. Maka, dia merencanakan sesuatu untuk bisa membantu pemuda yang dicintainya. Ia menyuruh pembantu kepercayaannya untuk memberikan makanan bercampur obat tidur kepada para penjaga.

Shinta Dewi, Putri Cantik Nan Pemilih Jadi Legenda Kawah Sikidang

Suta berhasil keluar dari penjara bawah tanah. Ia dan sang putri pergi menunggangi kuda pada malam hari. Oleh karena itu, tidak ada orang yang sadar bahwa perempuan yang sedang kabur adalah putri dari Adipati Kutaliman.

Mereka menuju ke arah lereng Gunung Slamet dan berhenti di dekat sungai. Kemudian, mereka menikah di sana. Tempat itu pun diberi nama Baturraden oleh masyarakat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.