Puluhan Warga Manokwari Belajar Ukir di Jepara

Sebanyak 24 orang warga Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat datang langsung untuk belajar kerajinan ukir di Jepara. Mereka rela tinggal beberapa hari untuk belajar proses mengukir dengan para seniman di Kota Ukir.

Puluhan Warga Manokwari Belajar Ukir di Jepara Sebanyak 24 orang warga Kabupaten Manokwari belajar kriya ukir di Jepara, Kamis (21/11/2019). (Bisnis-Humas Pemkab Jepara)

Semarangpos.com, SEMARANG – Karya kerajinan ukir Jepara sudah tersohor di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan mancanegara. Ketenaran ini membuat sejumlah perajin Manokwari, Papua Barat, tertarik belajar seni ukiran itu dilokasi asalnya.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Jepara, Kamis (21/11/2019), 24 orang warga Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat datang langsung untuk belajar kerajinan ukir Jepara itu. Mereka rela tinggal beberapa hari untuk belajar proses mengukir dengan para seniman di Kota Ukir.

Rombongan tiba di Jepara dan melakukan aktivitasnya sejak Minggu (17/11/2019). Mereka dipimpin langsung Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Manokwari Martinus Dowansiba.

Sebelum pulang ke Manokwari, rombongan study tour ini juga diajak mengunjungi beberapa sentra ukir di Jepara, seperti sentra patung Mulyoharjo, pengrajin gebyok Desa Kecapi, dan pembuatan vas bunga di Desa Bandengan.

“Kabupaten Jepara yang terkenal dengan ukirannya. Salah satu tujuan kami ke sini adalah untuk menggali potensi ukir Jepara sekaligus belajar,” paparnya.

Sekda Jepara Edy Sujatmiko menyambut baik rombongan dari Disdikbud Kabupaten Manokwari itu. Selain ukir dan mebel, Edy juga mengenalkan tenun ikat Troso khas daerahnya.

Pendidikan dan kebudayaan tidak bisa lepas dari suatu daerah. Harapannya ada pertukaran mahasiswa antara Kabupaten Jepara dan Kabupaten Manokwari di bidang pendidikan maupun kebudayaan.

“Setiap daerah kan berbeda-beda budaya, bahasa, suku, jadi tidak ada salahnya kita saling mengenalkan potensi daerah kita,” tuturnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.