Sepekan Operasi Patuh, 4.474 Pengendara di Jateng Diganjar Surat Tilang

Selama sepekan pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2020, ribuan pengendara terjaring razia dan diganjar surat bukti pelanggaran (tilang).

Sepekan Operasi Patuh, 4.474 Pengendara di Jateng Diganjar Surat Tilang Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Arman Achdiat. (Semarangpos.com-Ditlantas Polda Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 4.474 pengendara di Jawa Tengah (Jateng) mendapat surat bukti pelanggaran (tilang) selama sepekan berlangsungnya Operasi Patuh Candi 2020.

Hal itu disampaikan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol. Arman Achdiat, saat bertemu Wakapolri, Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono, di Brebes, Kamis (29/7/2020).

Arman mengatakan total ada sekitar 11.277 pengendara yang terjaring melakukan pelanggaran lalu lintas selama sepekan berlangsungnya Operasi Patuh Candi 2020. Namun, dari jumlah sebanyak itu hanya 4.747 pengendara yang diganjar surat tilang, sementara sisanya hanya diberi teguran.

Operasi Patuh Candi 2020 di Grobogan Tindak Truk Kelebihan Muatan

Selain kasus pelanggaran lalu lintas, Arman juga menyebutkan jika selama sepekan berlangsungnya Operasi Patuh Candi 2020 ada sekitar 251 kasus kecelakaan. Namun, dari kasus sebanyak itu tidak ada peristiwa kecelakaan yang menonjol.

Dalam kesempatan itu, Arman juga melaporkan adanya kenaikan arus lalu lintas yang masuk ke Jateng selama libur Iduladha 1441 Hijriah. Kenaikan itu paling menonjol terlihat di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang.

Kendaraan yang masuk melonjak dibanding hari biasa pada tiga hari terakhir pekan lalu, atau Senin-Rabu (27-29/7/2020). Hari Senin biasanya jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 209.608 kendaraan, namun naik menjadi 211.104 kendaraan.

Tes Swab Negatif, Tiga Pastor Keuskupan Purwokerto Tetap Isolasi Mandiri

Hari Selasa naik dari 210.195 kendaraan menjadi 213.149 kendaraan dan Rabu dari 211.347 kendaraan naik menjadi 217.144 kendaraan.

Jalan tol

Adanya peningkatan arus lalu lintas di jalan tol, kata Arman Achdiat, juga diantisipasi dengan mengerahkan 73 personel Patroli Jalan Raya (PJR) untuk mengamankan ruas dari Brebes sampai Sragen. Polisi juga ikut mengawasi kondisi 16 rest area di Jalur A dan Jalur B serta 26 lokasi exit tol yang ada di Jateng.

“Kita intens melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk pengelola jalan tol di Jawa Barat untuk menjaga kelancaran dan keselamatan bersama. Pendirian Pospam terpadu adalah wujud nyata sinergi semua pihak dalam Operasi Patuh Candi 2020,” ujarnya.

Sementara itu, Wakapolri memberikan apresiasi atas kesiapan Polda Jateng dalam pengamanan hari raya Iduladha. Wakapolri menyambut baik beberapa kegiatan dan inovasi kegiatan yang telah dilaksanakan dengan tujuan mencegah persebaran Covid-19.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.