Operasi Patuh Candi 2020 di Grobogan Tindak Truk Kelebihan Muatan

Satlantas Polres Grobogan menindak truk dengan muatan melebihi batas muatan selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2020.

Operasi Patuh Candi 2020 di Grobogan Tindak Truk Kelebihan Muatan Anggota Satlantas Polres Grobogan menindak truk dengan muatan melebihi batas di Jl. Hayam Wuruk Purwodadi, Rabu (29/7/2020). (Semarangpos.com-Polres Grobogan)

Semarangpos.com, PURWODADI — Satlantas Polres Grobogan menindak supir truk dengan muatan melebihi batas di Jl. Hayam Wuruk, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Truk kelebihan muatan menjadi salah satu sasaran Operasi Patuh Candi 2020 di Grobogan, Jateng di samping bentuk pelanggaran lain.

”Kendaraan [truk] tersebut melebihi batas muatan. Ketinggiannya pun sangat membahayakan pengendara lain. Karena itu, kami [beri] tilang agar jera dan mencegah tidak terjadi kecelakaan,” jelas Kasatlantas Polres Grobogan AKP Sri Martini, Rabu (29/7/2020).

Menurut kasatlantas Polres Grobogan, sasaran Operasi Patuh Candi 2020 adalah warga masyarakat wajib menggunakan helm sesuai Standar Nasional Indonesia alias SNI. Ia juga berkomitmen menindak pengendara sepeda motor dengan knalpot yang tidak sesuai standar alias knalpot brong.

Banjir Baru Klinting Wujudkan Rawa Pening

Kemudian pengendara atau pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara, kendaraan melawan arus, penggunaan safety belt, dan kendaraan melebihi batas muatan. Termasuk juga anak di bawah umur yang nekat mengendarai motor.

“Pakai kelengkapan berkendara. Membawa SIM dan STNK saat mengemudikan kendaraan. Yang paling penting, harus beretika dalam berlalu lintas. Jadilah pelopor keselamatan dalam berlalu lintas,” ujar AKP Sri Martini.

Disiplinkan Masyarakat

Operasi Patuh Candi 2020 digelar sejak 23 Juli sampai 5 Agustus 2020. Selain penertiban di bidang lalu lintas, polisi juga mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

“Tentu Personel Polres Grobogan akan mengedepankan aspek preemtif, preventif, serta humanis sehingga tidak salah manakala nanti para pelanggar diutamakan tentang pendidikan masyarakat terutama protokol kesehatan,” kata Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan.

Si Kancil Kelabuhi Para Buaya Seberangi Sungai

Menurut kapolres Grobogan prioritas tindakan Operasi Patuh tahun ini adalah tindakan preemtif 40%, preventif 40%, dan penegakkan hukum 20%. Dengan demikian fokusnya adalah untuk mendisiplinkan masyarakat menaati aturan lalu lintas.

Dilakukan uga langkah mendisiplinkan masyarakat taat protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Apabila ada pengendara tidak mengenakan masker, langsung kami ingatkan. Kemudian melakukan penindakan pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” tambah kapolres.

Kapolres Grobogan juga berpesan pada seluruh masyarakat Grobogan untuk selalu disiplin baik dalam berlalu lintas maupun dalam menerpakan protokol kesehatan. “Mari kita selalu tertib dan disiplin dalam berlalu lintas serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Sehingga tercipta keselamatan di jalan, serta aman dari Covid-19,” tegas Jury Leonard.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.