Telkom Group Dukung Penuh ASEAN Para Games di Solo, Ini Buktinya

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) juga mendukung penuh pelaksanaan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 yang diadakan mulai 30 Juli 2022-6 Agustus 2022 di Kota Solo.

Telkom Group Dukung Penuh ASEAN Para Games di Solo, Ini Buktinya Sejumlah petugas beraktivitas di ruang Network Operation Center (NOC), di Witel Solo untuk memastikan kualitas layanan Telkom selama event ASEAN Para Games 2022 berlangsung, Selasa (2/8/2022). (Bayu Jatmiko Adi/Semarangpos)

Semarangpos.com, SOLO — Sama seperti event MotoGP Mandalika, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) juga mendukung penuh pelaksanaan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 yang diadakan mulai 30 Juli 2022-6 Agustus 2022 di Kota Solo.

Sebagai perusahaan digital telco terdepan, PT Telkom Indonesia pun memberikan dukungan terkait IT Digital Conectivity selama pelaksanaan ASEAN Para Games XI berlangsung.

Pada pelaksanaan event turnamen olahraga untuk atlet difabel se-Asia Tenggara atau ASEAN Para Games XI 2022, ini segala persiapan telah dilakukan PT Telkom jauh hari sebelumnya.

Diketahui, lokasi pelaksanaan ASEAN Para Games XI 2022 meliputi dua kota, yakni Solo dan Semarang, serta dua Kabupaten yaitu Karanganyar dan Sukoharjo. Ada sekitar 2.500 atlet kelas dunia dari 11 negara ASEAN yang berkompetisi pada 14 cabang olahraga di event tersebut.

Bahkan untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan, Pgs Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Venusiana, telah meninjau venue Stadion Manahan pada Rabu (27/7/2022) lalu.

Baca Juga: Dorong Daya Saing Generasi Muda, Telkom Hadirkan Digitalisasi Pendidikan di Tarutung

Pada kunjungan ke Stadion Manahan, rombongan fokus meninjau ruang panel, media center, dan control room. Kunjungan dilanjutkan ke Witel Solo melihat kesiapan tim Telkom Group untuk APG XI. Berlokasi di ruang Network Operation Center (NOC), Venusiana beserta jajarannya meninjau jaringan telekomunikasi di 14 venue yang ada di Solo dan Semarang, Jawa Tengah.

Pada kesempatan itu Venusiana mengatakan kepercayaan yang telah diberikan merupakan sebuah kehormatan bagi Telkom. yang dipercaya sebagai official telco partner untuk event-event internasional.

“Telkom akan memastikan seluruh infrastruktur dan tim siap mengamankan perhelatan olahraga internasional yang menjadi pride bagi Indonesia. Kami berkomitmen akan menjaga layanan telekomunikasi di seluruh venue berjalan lancar dan sukses baik secara kapasitas dan kualitas layanan,” kata Venus dalam keterangan tertulis yang diterima Semarangpos.com, Selasa (2/8/2022).

Hingga saat ini, berbagai upaya telah dilakukan oleh Telkom untuk mendukung penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022. Untuk mengakomodasi kebutuhan data dan internet selama acara, Telkom Group menyediakan akses Internet sebesar 3.820 Mbps, 142 access point WiFi.Id, 87 Node BTS (2G/3G/4G) serta layanan Metro-E sebesar 560 Mbps.

Kesiapan layanan serta infrastruktur tersebut dikawal secara maksimal melalui pembentukan Satgas (satuan tugas) APG XI 2022.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Telkom Jadi BUMN Pertama Raih Sertifikasi Great Place to Work

Keandalan layanan konektivitas juga dipastikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pada sejumlah titik lokasi yang diantaranya terdapat di 14 venue pertandingan, 18 akomodasi atlet, dan 2 venue utama.

Tidak hanya itu, tersedia 5 Sentra Telepon Otomat (STO) yang akan mencatu konektivitas di 14 venue, sebanyak 13 venue berlokasi di Solo serta 1 venue di Semarang. Masing-masing venue mengadopsi sistem dual homing dengan memiliki 2 akses lastmile yang terdiri dari 4 core agar memungkinkan sebuah perangkat jaringan untuk terhubung ke perangkat lain melalui dua titik dan jalur yang berbeda.

Sebagai antisipasi pengamanan serangan siber, Satgas Telkom Group juga menyediakan sistem monitoring yang siap memberikan incident response dalam 24 jam setiap harinya selama penyelenggaraan acara.

Pengawalan maksimal terkait infrastruktur konektivitas sepanjang event APG XI 2022 diamankan secara kolaboratif oleh seluruh stakeholders Telkom Group. Di antaranya melalui penyediaan 365 tenaga teknis pada setiap venue serta manajemen eskalasi skala nasional berupa 6 posko yang tersebar di Solo.

Menjelang penyelenggaraan acara, telah diadakan rehearsal test yang bertujuan meningkatkan soliditas dan keyakinan seluruh personel Satgas dalam mengawal suksesnya APG XI 2022.

Pada Selasa (2/8/2022), Semarangpos.com juga berkesempatan untuk mengunjungi ruang Network Operation Center (NOC), di Witel Solo. Didampingi GM Telkom Solo, Pribadi Nirwana, dan Deputy EVP Infrastruktur Divisi Telkom Regional IV, Cholis Safrudin, Semarangpos.com turut melihat aktivitas para petugas di Posko Telkom Group 11th ASEAN Para Games Solo 2022 di Witel Solo dalam memastikan kualitas layanan Telkom selama event APG berlangsung.

Baca Juga: Prospek Telkom Masih akan Bertumbuh hingga Akhir Tahun

Disampiakan Cholis, ada beberapa venue yang saat ini terus dipantau Satgas APG XI 2022 dari Telkom. “Untuk yang paling banyak sebenarnya ada di Kota Solo, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo. Lalu ada satu venue di Kota Semarang. Jadi total ada empat kota/kabupaten yang terlibat. Untuk Solo, Karanganyar dan Sukoharjo ini dikaver Witel Solo. Kemudian untuk Semarang ada Witel Semarang,” jelas dia.

Dia mengatakan layanan yang disediakan untuk event ASEAN Para Games Solo di antaranya bandwidth (metro-E dan Astinet), Wifi, LAN, SNG atau Satelliter News Gathering serta Telkomsel.

Agar semua layanan berjalan aman, telah ada pengawalan kualitas yang melibatkan 365 orang yang bertugas melakukan pengawalan selama 24 jam. Serta ada enam posko yang diaktifkan baik posko petugas jaga di venue, Poko NOC, Posko Wilayah, Posko Regional hingga Posko Nasional. Pengawalan akan terus dievaluasi setiap harinya untuk memastikan semua berjalan aman dan lancar. Selain itu juga didukung machine learning. “Ada sistem robot yang juga memantau ini semua,” lanjut dia.

Dia mengatakan dukungan semacam ini sebelumnya juga dilakukan PT Telkom Indonesia untuk event besar lainnya seperti PON Jaya Pura, event di Mandalika baik untuk superbike hingga motocross dan sebagainya.

Dukungan infrastruktur telekomunikasi pada event ini menjadi salah satu perwujudan komitmen Value Creation for The Nation dari Telkom Group. Di samping menyediakan infrastruktur dan layanan ICT berkualitas, Satgas Telkom Group juga menjaga penerapan protokol kesehatan secara ketat untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.