Tinjau Jogo Tonggo di Kelurahan Jomblang Semarang, Gubernur Ganjar Pesan Ini…

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau kampung di Semarang yang menerapkan program Jogo Tonggo untuk mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19.

Tinjau Jogo Tonggo di Kelurahan Jomblang Semarang, Gubernur Ganjar Pesan Ini… Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau salah satu kampung di Semarang yang menerapkan program Jogo Tonggo, Minggu (10/5/2020). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, berkesempatan mengunjungi Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Minggu (10/5/2020) sore. Ia berkunjung ke kawasan padat penduduk itu guna meninjau konsep Jogo Tonggo yang diterapkan warga guna mencegah penularan Covid-19.

Di kampung itu, warga menggunakan Balai RW untuk melaksanakan program Jogo Tonggo. Selain berfungsi sebagai lumbung pangan, lokasi itu juga digunakan untuk mendata warga baik dari sisi ekonomi, kesenian, hiburan, sosial, kesehatan, dan lain-lain.

“Program Jogo Tonggo ini kami laksanakan sesuai perintah pak Gubernur dalam menghadapi Covid-19. Kami mencoba memenuhi semua kriteria yang ada, mulai ekonomi, sosial keamanan, kesehatan dan hiburan,” kata Ketua RW 005 Kelurahan Jomblang, Driyanto.

Program ekonomi lanjut dia, digunakan untuk membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi. Sementara program hiburan, salah satu kegiatannya adalah mengoptimalisasikan seni warga serta memberikan hiburan kepada anak-anak sekolah.

“Sementara sosial keamanan kami selalu berjaga dan mengingatkan kalau ada warga berkerumun. Orang luar yang masuk juga didata satu persatu. Sementara kesehatan, kami melakukan pendataan warga yang rentan seperti lansia [lanjut usia] dan sebagainya,” terangnya.

Ganjar mengaku bangga dengan penerapan Jogo Tonggo yang dilakukan warga Kelurahan Jomblang Semarang itu.

“Ternyata program Jogo Tonggonya sudah mulai berjalan. Masyarakat sudah menerapkan program untuk menjaga masyarakat baik di bidang seni hiburan, kesehatan, ekonomi dan sosial keamanan,” ucapnya.

Ganjar juga senang karena program lumbung pangan juga sudah dilaksanakan sebagai pendukung program Jogo Tonggo. Masyarakat yang mampu saling membantu, bantuan dari semua pihak ditampung jadi satu untuk kemudian disalurkan pada warga yang membutuhkan.

“Saya titip tolong perhatikan Lansia, ibu hamil dan menyusui. Lansia kenapa perlu diperhatikan, karena mereka sangat rentan [Covid-19]. Sementara ibu hamil dan menyusui penting kita perhatikan karena mereka sedang merawat calon generasi penerus. Jangan sampai anak-anak mereka stunting karena kurang gizi akibat pandemi,” jelas Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.