Uji Coba PTM, 50 Siswa di Kendal Reaktif Covid-19

Sebanyak 50 siswa di Kabupaten Kendal yang mengikuti pembelajaran tatap muka dinyatakan reaktif Covid-19 melalui pemeriksaan rapid test antibodi.

Uji Coba PTM, 50 Siswa di Kendal Reaktif Covid-19 Ilustrasi pembelajaran tatap muka di sekolah. (Dok. Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, KENDAL — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng) membantah ada siswa yang mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di wilayahnya terkonfirmasi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinkes Kabupaten Kendal, Feri Nando Radbonay, saat dihubungi wartawan di Semarang, Rabu (7/4/2021).

“Jadi bukan positif [Covid-19], tapi reaktif iya,” ujar Feri.

Baca juga: 98 Persen Orang Tua di Salatiga Izinkan Tatap Muka di Sekolah

Feri mengatakan total ada 5 sekolah di Kendal yang menggelar uji coba tatap muka. Kelima sekolah itu yakni MTSN 2 Kendal, MAN Kendal, SMKN 2 Kendal, SMAN 1 Kendal, dan SMPN 1 Weleri.

Sebelum melakukan tatap muka, siswa di lima sekolah itu diminta untuk melakukan rapid test antibodi.

“Total ada sekitar 500 siswa yang kita minta rapid test antibodi. Setiap sekolah ada 100-an siswa yang melakukan rapid test antibodi,” jelas Feri.

Dari 500 siswa yang melakukan rapid tes antibodi itu ditemukan sekitar 50 orang yang hasil tesnya reaktif Covid-19.

Ke-50 siswa itu kemudian diminta untuk menjalani tes lanjutan berupa pemeriksaan rapid test antigen dengan metode swab.

“Nah, dari 50 siswa yang dinyatakan reaktif itu hasil antigennya negatif semua. Tidak ada yang positif. Jadi hanya reaktif. Bisa jadi saat rapid antibodi itu reaktif, tapi belum tentu Covid-19. Makanya, kita lanjutkan dengan rapid antigen,” tuturnya.

Feri menambahkan hingga saat ini belum ada penemuan siswa atau peserta PTM yang terpapar Covid-19.

Tes Lagi

Rencana, pihaknya akan kembali menggelar tes atau pemeriksaan Covid-19 kepada para siswa peserta PTM di Kendal dua pekan lagi.

“Nanti dua pekan lagi kita akan lakukan tes. Itu juga sebagai evaluasi terhadap pelaksanaan PTM. Kalau enggak ada yang positif berarti prokes [protokol kesehatan] bagus,” tuturnya.

Selain menggelar tes Covid-19 kepada para siswa, Dinkes Kabupaten Kendal juga melakukan vaksinasi bagi para guru yang mengikuti pembelajaran tatap muka.

Total sudah ada sekitar 475 guru yang mendapat vaksin Covid-19.

“Untuk vaksinasi kita lakukan kepada semua guru yang melakukan uji coba tatap muka. Jumlahnya ada 415 guru ditambah 60-an guru,” terang Feri.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.