Undip Terima 2.106 Mahasiswa dari Jalur SNMPTN

Sebanyak 2.106 pendaftar diterima masuk sebagai mahasiswa baru Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dari jalur SNMPTN 2021.

Undip Terima 2.106 Mahasiswa dari Jalur SNMPTN Ilustrasi kampus Undip Semarang. (Dok. Solopos)

Semarangpos.com, SEMARANG — Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menerima 2.106 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Wakil Rektor Bidang Akademik Kemahasiswaan Undip, Prof. Budi Setiyono, mengatakan tahun ini ada sekitar 26.408 pendaftar dari jalur SNMPTN di Undip.

“Dari jumlah itu yang diterima sekitar 2.106 orang, atau dengan perbandingan 1:12,5. Data itu kami peroleh dari LTMPT [Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi],” ujar Budi, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: Ini 140 Sekolah di Jateng yang Gelar Pembelajaran Tatap Muka 5 April

Budi mengatakan jumlah pendaftar yang mencapai puluhan ribu orang itu menunjukkan Undip merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Undip menjadi satu di antara perguruan tinggi yang diminati karena memiliki kampus yang megah, luas, serta fasilitas yang memadai.

“Undip juga memiliki tenaga pengajar yang berkualitas. Selain itu Undip juga memiliki jaringan mitra internasional dan masuk dalam sepuluh besar PTN yang menerima calon mahasiswa terbanyak,” imbuhnya.

Prodi Psikologi

Budi menambahkan dari sekian banyak program studi (prodi) yang ada, Psikologi menjadi yang paling banyak diminati pendaftar.

Selanjutnya Kedokteran diurutan kedua, disusul Ilmu Komunikasi, Hukum, Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Keperawatan, Informatika, dan terakhir Administrasi Bisnis.

“Psikologi menjadi pilihan favorit dengan jumlah pendaftar mencapai 1.750 orang. Kemudian disusul Kedokteran diurutan kedua,” terang Ketua LP2MP Undip, Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA.

Budi Sasongko mengatakan psikologi menjadi prodi paling diminati karena masyarakat di masa saat ini menganggap penting dalam hal mendapatkan dan menciptakan pekerjaan.

“Jadi memang tahun ini pendaftar SNMPTN Undip banyak yang memilih Psikologi, selain itu Kedokteran masih tetap favorit diurutan kedua. Kebetulan di tahun-tahun sebelumnya animo Kedokteran cukup tinggi tetapi Undip hanya memiliki daya tampung yang relatif kecil, sehingga pendaftar pun memiliki alternatif lain,” tutur Budi Sasongko.

Baca juga: Vaksin Nusantara Buatan Undip & RS Kariadi Lolos Uji Klinis Tahap Pertama

Budi Sasongko menambahkan tahun ini Undip hanya menerima 20℅ mahasiswa dari jalur SNMPTN. Sementara sisanya 30℅ dari jalur penerimaan mahasiswa SBMPTN dan seleksi mandiri sebanyak 50℅.

“Jadi untuk mahasiswa yang belum diterima di jalur SNMPTN masih ada jalur penerimaan lain seperti SBMPTN, IUP [International Undergraduate Program] dan jalur mandiri. Jadi harus tetap semangat,” tegas Budi Sasongko.

Sementara itu, untuk informasi pendaftaran ulang calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos SNMPTN Undip bisa diakses melalui https://pmb.undip.ac.id/registasi-ulang-calon-mahasiswa-baru-jalur-snmptn-2021/. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.