UPZ Semen Gresik Salurkan 88 Juta Zakat Karyawan

PT Semen Gresik (SG) menyalurkan total 88 juta Zakat Karyawanmelalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) perusahaandalambentuk 778 paket sembako kepada mustahik dari asnaf fakir miskin di Kabupaten Rembang.

UPZ Semen Gresik Salurkan 88 Juta Zakat Karyawan Sebanyak 778 paket sembako senilai 88 juta zakat karyawan Semen Gresik disalurkan kepada mustahik dari asnaf fakir miskin di Kabupaten Rembang. (Istimewa)

Semarangpos.com, REMBANG — PT Semen Gresik (SG) menyalurkan total 88 juta Zakat Karyawanmelalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) perusahaandalambentuk 778 paket sembako kepada mustahik dari asnaf fakir miskin di Kabupaten Rembang.

Seremonial penyaluran sembako yang dihimpun tim UPZ SG dalam periode Januari-Mei 2021 tersebut dilepas secara langsung oleh BupatiRembang, Abdul Hafidz, bertempat di Rumah Dinas sebagaimana disampaikan pada rilis, Selasa (14/9/2021).

Bupati Rembang melepas rombongan amil UPZ dengan mengibarkan bendera Semen Gresik sebagai simbol pelepasan. Tim UPZ kemudian bergegas menuju ke 2 lokasi utama yaitu Kecamatan Gunem & Bulu, Kabupaten Rembang, untuk menyalurkan zakat langsung kepada masyarakat sasaran. Proses penyerahan zakat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Testing Tinggi, Positivity Rate Jateng Dekati Standar WHO

Pengentasan Kemiskinan

Mustahik atau penerima zakat melalui UPZ Basnaz di Kabupaten Rembang. (Istimewa)
Mustahik atau penerima zakat melalui UPZ Basnaz di Kabupaten Rembang. (Istimewa)

Dalam sambutannya Bupati Rembang menyampaikan rasa terima kasih kepada Semen Gresik yang telah memfasilitasi karyawan melalui UPZ dalam melaksanakan kewajiban berzakat. Menurutnya, upaya tersebut dapat membantu pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Rembang.

“Terima kasih kepada Semen Gresik terutama kepada direksi dan manajemen yang telah membuka pintu bagi karyawan untuk berzakat dengan nilai nominal yang telah mencapai ratusan juta hingga saat ini,” kata Abdul Hafidz

Ketua UPZ Semen Gresik Nurhadi menyampaikan bahwa penyerahan zakat ini merupakan komitmen Semen Gresik dalam membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi, sekaligus bentuk amanah UPZ untuk segera menyalurkan zakat dari para muzakki.

“Sebagai lembaga amil, kami merasa bertanggungjawab untuk segera menyalurkan zakat yang telah terkumpul, terlebih melihat kondisi pandemi yang belum usai. Penyaluran ini bertujuan untuk membantu masyarakat bertahan di tengah pandemi,” ujar Nurhadi dalam rilisnya.

Baca Juga: Ribuan Pedagang Mi & Bakso di Semarang Terima Suntikan Vaksin Covid-19

Ia menambahkan bahwa penyaluran zakat ini merupakan penyaluran kedua yang dilakukan pada tahun 2021. Ramadan lalu, UPZ telah menyalurkan zakat senilai 30 juta untuk para fisabilillah.

“Ada kenaikan kuantitas dari periode 1 dengan penyaluran kali ini. Kami berharap kenaikan tersebut akan terjadi di periode selanjutnya, sehingga UPZ bisa membantu masyarakat secara lebih masif,” tandas Nurhadi.

Sejak awal berdiri pada Maret 2020, UPZ Semen Gresik telah menyalurkan zakat hingga ratusan juta rupiah. Nilai tersebut didapat dari para muzakki, yang terdiri dari direksi, manajemen puncak, dan karyawan.

Total empat kali kegiatan penyaluran dilakukan dan telah bekerjasama dengan lembaga amil zakat seperti Basnaz, LazisMu, dan LazisNu. Misi UPZ ke depan adalah mengajak lebih banyak karyawan untuk berzakat sehingga tercipta program pengentasan kemiskinan yang kuat.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.