4.000 Lansia di Salatiga Mulai Vaksinasi Covid-19 Senin Ini

Vaksinasi bagi warga lanjut usia atau lansia di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) akan mulai digelar pada Senin (8/3/2021) nanti.

4.000 Lansia di Salatiga Mulai Vaksinasi Covid-19 Senin Ini Ilustrasi vaksinasi Covid-19 pada lansia. (Dok. Solopos.com/Nicolous Irawan)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) akan mulai menggelar vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia atau lansia mulai Senin (8/3/2021).  Sekitar 4.000 orang lansia pun menjadi sasaran vaksinasi tahap pertama tersebut.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia dilakukan secara bertahap. Hal itu dikarenakan keterbatasan persediaan vaksin jenis Sinovac yang dimiliki Pemkot Salatiga.

“Total lansia di Salatiga itu ada sekitar 25.000 orang. Tapi, untuk tahap pertama ini kita targetkan 4.000 orang yang divaksin,” ujar Yuliyanto saat dihubungi Semarangpos.com, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Buntut KLB, Demokrat Jateng Gelar Rakorda di Semarang

Yuliyanto mengatakan dari 25.000 lansia yang ada di Salatiga, 17.000 orang di antaranya sudah masuk dalam daftar penerima vaksin.

Vaksinasi dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang lokasinya terdekat dengan rumah calon penerima vaksin. Fasyankes itu antara lain Puskesmas Sidorejo Lor, Puskesmas Sidorejo Kidul, RSUD Salatiga, Puskesmas Cebongan, dan Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan (RSPAW).

Kemudian RS Sejahtera Bakti, RS Puri Asih, RST dr Asmir, dan RS Mutiara Bunda.

Yuliyanto menambahkan vaksinasi bertujuan untuk melindungi warga dari penularan Covid-19. Terlebih, saat ini muncul varian terbaru Covid-19 yakni B117.

Varian B117

Terkait Covid-19 varian B117, Yuliyanto memastikan varian terbaru virus corona itu saat ini belum masuk ke wilayah Salatiga.

“Meski demikian, kita harus tetap mengantisipasi karena virus itu tidak bisa diprediksi. Salah satu upayanya yakni dengan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan,” tutur Yuliyanto.

Baca juga: Vaksinasi Tahap Kedua, Salatiga Peroleh 5.000 Dosis Vaksin Covid-19

Yuliyanto mengatakan setelah vaksinasi bagi lansia selesai, pihaknya akan langsung menjadwalkan pemberian vaksin bagi tenaga pendidik atau guru.

Vaksinasi bagi guru itu dilakukan sebagai persiapan menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di sekolah yang dijadwalkan mulai Juli nanti.

Sementara itu, hingga Jumat (5/3/2021), jumlah kumulatif kasus Covid-19 tercatat 2.534 orang. Perinciannya kasus sembuh mencapai 2.395 orang, kasus aktif 66 orang, dan kasus kematian mencapai 73 orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.