5 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Jika Anda sudah memiliki akun Kredivo dan sudah terdaftar menjadi akun Premium Kredivo, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan layanan cicilan 0% untuk paylater 30 hari dan tenor 3 bulan.

5 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran Ada baiknya memberikan perlindungan ekstra ke rumah ketika ditinggalkan saat mudik Lebaran. (Ilustrasi/Istimewa)

Semarangpos.com, SOLO — Tidak terasa bulan Ramadan sudah di depan mata. Ketika bulan Ramadan tiba, biasanya orang-orang sibuk mempersiapkan kebutuhan mudik, mulai dari tiket pesawat, kereta, mempersiapkan performa kendaraan dan lain sebagainya.

Namun, bukan hanya akomodasi mudik saja yang harus diperhatikan, meninggalkan rumah saat mudik juga harus diperhatikan. Sebab, rumah yang ditinggalkan para pemudik rentan untuk dicuri.

Oleh karena itu, berikut ada 5 tips meninggalkan rumah saat mudik Lebaran, yang patut Anda ketahui.

1. Kunci Rumah dan Jendela dengan Ekstra

Ada baiknya memberikan perlindungan ekstra ke rumah ketika ditinggalkan. Alangkah baiknya Anda mempersiapkan kunci gembok baru, anti maling untuk mengunci seluruh jendela dan pintu rumah Anda.

Dengan perlindungan ekstra seperti ini, maka kemungkinan rumah Anda akan dibobol maling akan semakin kecil.

2. Cabut Aliran Listrik, Air, dan Gas

Nah, jangan lupa juga untuk mencabut seluruh aliran listrik, air dan gas, supaya rumah terhindar dari kemungkinan terburuk, yaitu kebakaran dan memastikan keran di rumah tidak mengalir sehingga air terbuang dengan sia-sia.

Baca Juga: Biaya Perbaikan Atap Rumah yang Bocor Beserta Simulasinya

3. Pasang CCTV yang Bisa Dipantau Online

Supaya lebih aman dan keadaan rumah bisa dipantau, cobalah untuk memasang CCTV yang bisa dipantau secara online. Anda bisa memasang CCTV di berbagai macam ruangan, seperti di halaman, garasi, kamar dan ruang tamu.

Sekarang sudah banyak CCTV di jual di Marketplace seperti Bukalapak, dengan harga bersaing, dan tentunya memiliki metode pembayaran paylater. Tenang, cara menggunakan Bukalapak paylater juga sangat mudah, apalagi jika Anda sudah memiliki akun fintech yang sudah bekerja sama dengan Bukalapak, salah satunya Kredivo.

Jika Anda sudah memiliki akun Kredivo dan sudah terdaftar menjadi akun Premium Kredivo, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan layanan cicilan 0% untuk paylater 30 hari dan tenor 3 bulan, serta tenor yang lebih panjang, yaitu 6 dan 12 bulan, dan dikenakan bunga yang ringan, hanya 2,6% per bulan.

Kalau belum punya akun, Anda bisa melakukan aktivasi dan pendaftaran lewat menu paylater di akun Bukalapak atau unduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store pada smartphone Anda.

4. Lapor Pak RT, Tetangga atau Security

Jika rumah ditinggalkan lebih dari dua hari, baiknya melaporkan pada RT setempat sehingga ketua RT bisa ikut sama-sama memantau keamanan lingkungan sekitar, bersama security komplek atau perumahan yang terlibat.

Jangan lupa tetangga terdekat, terutama bagi tetangga yang tidak mudik Lebaran. Selain ikut menjaga keamanan lingkungan, Anda juga bisa meminta bantuan agar tetangga ikut menyiram tanaman agar tidak mati saat ditinggalkan. Tentunya, Anda harus mempersiapkan oleh-oleh agar tetangga juga senang diberikan perhatian.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop Rp5 Jutaan yang Bikin Aktivitas Sehari-hari Lebih Efektif

5. Simpan Barang Berharga di Tempat yang Aman

Jangan sekali-kali meninggalkan barang berharga di luar rumah seperti sepeda atau sepeda motor. Baiknya, amankan barang-barang tersebut ke dalam rumah sehingga tidak mengundang datangnya pencuri.

Selain itu, jika punya perhiasan atau logam mulia, sebaiknya gunakan brankas yang aman. Jika memiliki brankas di rumah, area ini juga perlu dipantau dengan menggunakan CCTV.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.